Otomotif

WEB NEWS Jangan Biarkan Kampas Ganda Skutik Aus, Efeknya Berbahaya

thedesignweb.co.id, Jakarta. Bagi pemilik sepeda motor, khususnya pengguna skutik, yang membiarkan bantalan gandanya aus, hal ini bisa berdampak buruk. Bukan hal yang aneh bagi pemilik kendaraan untuk datang ke bengkel dengan bantalan ganda yang benar-benar hilang atau kempes di rumahnya.

Padahal, jika ketebalannya dikurangi hanya sekitar. 1 mm, dapat menimbulkan akibat negatif, khususnya menyebabkan bantalan ganda tergelincir dan gejala gerinda, yaitu getaran mesin saat akselerasi.

Menurut situs resmi Wahan Honda, hal tersebut biasa terjadi di sektor skutik CVT. Meski sepeda motor masih bisa dikendarai, namun banyak pemilik yang masih mengabaikan masalah ini.

Sayangnya, banyak orang yang meremehkan masalah ini. Faktanya, jika tidak ditangani, hal ini juga dapat merusak mangkuk.

Mangkuk kanvas ganda yang sudah habis akan membuat penggantian suku cadang baru menjadi lebih mahal, karena kanvasnya sendiri bisa dibeli terpisah. Selain itu, ada bahaya lain yang mungkin terjadi, yaitu pecahnya mata air kecil atau mata air sentrifugal.

Jika sepeda rusak dan pegasnya putus dan Anda baru saja membawanya ke bengkel, biaya perawatannya bisa berlipat ganda. Oleh karena itu, jangan pernah biarkan double liner pada motor aus sebelum diperbaiki.

Sebaiknya jadwalkan perawatan sepeda motor secara berkala di bengkel resmi agar seluruh fungsi dan komponen sepeda motor, termasuk ban, tetap dapat berfungsi maksimal.

Kunci sepeda motor yang tidak berputar dapat menimbulkan rasa kesal dan panik pada pemilik mobil. Kunci berhenti sering kali dialami oleh kendaraan roda dua berusia tua karena adanya karat pada komponennya.

Kegagalan memutar kunci sepeda motor bisa disebabkan oleh beberapa hal, apalagi jika pemilik sepeda motor jarang melakukan perawatan secara rutin. Selain itu, kotoran seperti debu atau air dapat masuk ke dalam silinder kontak.

Menurut situs Wahana Honda, jika kunci tidak bisa diputar, otomatis sepeda motor tidak bisa hidup. Jika terus ditekan, bisa saja kunci sepeda motor patah dan menimbulkan masalah lain.

Bahkan, produsen sepeda motor sudah bersiap untuk mencegah terjadinya permasalahan pada kunci sepeda motor, yakni dengan menjadikan bahan stainless steel sebagai bahan dasar lubang kunci sepeda motor agar terhindar dari karat.

Hampir setiap produsen sepeda motor telah menemukan solusi untuk meminimalisir kunci sepeda motor yang tidak dapat dikembalikan. Salah satunya adalah dengan menggunakan bahan utama stainless steel untuk mencegah lubang kunci sepeda motor berkarat.

Bahkan sepeda motor keluaran terbaru pun sudah dilengkapi dengan cover kunci sepeda motor. Hal ini diperlukan untuk mencegah masuknya berbagai kotoran kecil yang dapat menyebabkan kunci sepeda motor tersangkut saat berbelok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *