Jin BTS Jadi Duta Global Alo Yoga, Hasilkan Dampak Lebih dari Rp56,6 Miliar dalam 24 Jam
Liputan6.com, Jakarta – Alo Yoga resmi menunjuk Jin BTS sebagai duta globalnya pada 17 Oktober 2024, menggantikan Jisoo Blackpink yang pertama. Pengumuman ini muncul menjelang peluncuran kampanye merek Amerika tersebut pada awal tahun 2025, bertepatan dengan pembukaan produk andalan pertama mereka di Korea Selatan, yang berlokasi di Taman Dosan Seoul.
Kapal andalan Korea Selatan ini akan diluncurkan pada April 2025 di gedung seluas 6.000 meter persegi yang mencakup enam lantai. Interiornya menampilkan estetika khas merek ini dengan fasad kayu yang ramping dan bergalur, teras atap, dan taman bawah tanah yang tenang.
Dalam waktu 24 jam setelah pengumuman, peran Jin sebagai duta Aloe Yoga menghasilkan nilai dampak media lebih dari USD 3,6 juta atau Rp 56 miliar. Nilai Dampak Media (MIV) adalah metrik kepemilikan yang digunakan oleh LaunchMetrics untuk menetapkan nilai moneter pada penempatan dan penyebutan media, sehingga membantu merek mengukur dampak paparan media mereka.
Sementara itu, postingan Instagram Jin terkait kolaborasi dengan brand pakaian olahraga tersebut bernilai US$1,2 juta (sekitar Rp 18,8 miliar). Dia menulis: “Sangat senang bergabung dengan keluarga @alo. Hal-hal besar segera hadir di Korea @alo.” Dalam unggahan tersebut, Jin mengenakan topi hitam, kaos hitam di atas kemeja putih lengan panjang, dan celana panjang hitam.
Mengutip situs WWD, Senin (28/10/2024), Summer Nessiewicz, wakil presiden pemasaran dan kreatif Aloe Yoga, menjelaskan alasannya bermitra dengan Jin BTS dalam kampanye tersebut. Ia berkata, “Jin tidak hanya mewujudkan nilai-nilai ini, namun juga memiliki kemampuan untuk mendorong perubahan melalui platformnya yang kuat. Kolaborasi ini sangat sesuai dengan visi kami untuk mempromosikan kesehatan fisik dan mental secara global.”
Jin mengungkapkan bahwa lini Alo Yoga favoritnya antara lain Make Waves Hoodie, Make Waves Sweat Pant, Double Take Short Sleeve, Performance Off-Duty Hat, dan Alo Runner Shoes. Dia mengatakan pilihannya mencerminkan kecintaannya pada kenyamanan, gaya, dan keserbagunaan.
Dalam setahun terakhir, Jin telah menjadi duta global untuk beberapa merek. Kolaborasinya termasuk rumah mode Gucci, Fred Jewelry dan merek perawatan kulit Korea Laneige, menjadi duta global pertama mereka untuk pria. Laneige memanfaatkan kemitraan terbaru ini untuk memaksimalkan sinergi bisnis globalnya dengan meluncurkan berbagai kampanye internasional.
Laneige percaya bahwa kepercayaan diri Jin yang kuat dan energi positifnya akan memberikan pengaruh baik bagi para penggemarnya di seluruh dunia, hal ini sejalan dengan nilai-nilai yang diusung oleh Laneige.
Seperti dilansir Liputan6.com dari berbagai sumber pada Jumat, 25 Oktober-24 Oktober, Jin mengungkapkan kegembiraannya dengan mengatakan, “Saya sangat bersemangat bisa menjadi brand duta merek yang dicintai banyak orang di seluruh dunia. Saya sangat bersemangat untuk memulai perjalanan kecantikan saya bersama Laneige dan tidak sabar untuk membagikan apa yang kami tawarkan di toko.”
Sebelumnya, member tertua BTS ini mengumumkan tanggal resmi perilisan album solo terbarunya. BIGHIT MUSIC baru saja memberikan pernyataan bahwa 15 November 2024 adalah tanggal Jin akan merilis albumnya.
Pada tanggal 15 Oktober 2024, BIGHIT Music merilis pengumuman yang mengejutkan penggemar di seluruh dunia. Seperti diberitakan Soompi, pihak agensi telah mengonfirmasi bahwa pelantun “Super Tuna” itu akan merilis album proyek solo barunya yang telah lama ditunggu-tunggu. Telah terungkap bahwa album tersebut akan diberi judul Happy.
“Kami sangat bersemangat untuk membagikan detail album solo debut anggota BTS Jin, Happy,” tulis mereka.
Kabar album solo bertajuk Happy tentu menjadi kabar baik bagi ARMY yang sudah lama menantikan informasi lebih lanjut mengenai comeback Jin BTS. Sebelum menjalani wajib militer, ia merilis single hasil kolaborasi dengan Coldplay. Lagu tersebut sukses menduduki puncak tangga lagu K-pop.
Jin juga dikenal mampu menghadirkan karya-karya unik dan berkesan sehingga para penggemar sudah tidak sabar untuk melihat konsep dan musik seperti apa yang akan dihadirkan dalam album Happy.
Pernyataan resmi dari BIGHIT menegaskan bahwa album Happy memiliki arti yang sangat pribadi bagi penyanyi Jin. Lewat album ini, ia ingin berbagi perjalanan kebahagiaannya bersama ARMY. BIGHIT juga mengajak ARMY untuk mendukung dan terus mengikuti perjalanan sang bintang.
“Happy Jin adalah ajakan tulus kepada para penggemar untuk bergabung dengannya dalam perjalanannya menemukan kebahagiaan,” ujarnya.
BIGHIT tidak hanya mengungkapkan tanggal rilis dan nama albumnya, namun juga melihat jumlah lagu yang akan dimasukkan ke dalam album tersebut. Album ini akan terdiri dari enam lagu yang masing-masing memiliki warna dan karakter uniknya sendiri. Dikatakan bahwa semua lagu diiringi oleh sebuah band, sehingga membuat setiap lagu memiliki nuansa musik yang unik dan berbeda.
Dia menambahkan, “Ada enam lagu di album ini, masing-masing dengan getaran uniknya sendiri, dan semuanya berdasarkan suara band.”
ARMY dapat mengikuti sistem pre-order untuk perilisan albumnya mulai tepat 15 Oktober pukul 11 waktu Korea (09:00 WIB). Ia menambahkan, “Jin akan berinteraksi dengan penggemar melalui berbagai aktivitas. Kami meminta cinta dan dukungan kalian yang berkelanjutan untuk Jin saat ia kembali dengan Happy.”