Kawasaki Ninja ZX-25RR seri 40th Anniversary Tiba di Indonesia, Apa Spesialnya?
Liputan6.com, Jakarta – Tanpa hajatan, Kawasaki Motor Indonesia (KMI) menghadirkan model motor sport terbarunya. Tersedia dalam jumlah terbatas, Kawasaki Ninja ZX-25RR seri 40th Anniversary, motor ini dibanderol dengan harga Rp 138 juta dan hadir dalam tiga warna berbeda: Lime Green, Crystal Pearl White. dan biru
Melihat banyaknya permintaan dari para pecinta Kawasaki yang menginginkan seri HUT ke-40 Ninja ZX-25RR hadir di Indonesia, akhirnya kami berhasil mewujudkan keinginan mereka meski hanya diproduksi dalam jumlah terbatas. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Kawasaki, para pelanggan yang membantu menjaga dunia otomotif tetap hidup. Khususnya sepeda sport,” kata Michael C. Tanathi, Head of Sales & Promotion PT KMI dalam siaran resmi, Kamis (8/8/2024).
Merupakan model termurah di seri Kawasaki Ninja 40th Anniversary. Sebelumnya ada Ninja ZX-10R, Ninja ZX-6R, dan Ninja ZX-4RR. Fitur seri Ninja 40th Anniversary mengadopsi dekorasi retro.
Tema terkenal dari tahun 90an dan sering digunakan pada superbike. Kemudian kembali melejit setelah Jonathan Rea menggunakannya tiga tahun lalu atau tahun 2021 pada balap motor tahunan WSBK Mandalika.
Kemunculan seri Ninja 40th Anniversary mengikuti pendahulunya, Kawasaki ZXR750. Muncul dalam tiga warna yang sama: Lime Green, Pearl Crystal White, dan Blue Logo “Kawasaki” besar di fairing samping dan lencana.
Pada tangki bensin terdapat logo Ninja 40th Anniversary yang berbentuk seperti stiker kejuaraan. dan mengingatkan pada balapan di tahun 1980-an.
Logo Kawasaki berwarna biru dan putih pada fairing samping diposisikan untuk ukuran dan keseimbangan terbaik untuk setiap model.
Rangka dan lengan ayun dicat warna silver. Mengingatkan pada komponen aluminium yang digunakan pada tahun 1980-an dan 1990-an, khususnya pada ZX-25RR dan ZX-4RR, tabung garpu depannya tetap berwarna hitam.
Berbeda dengan Ninja ZX-10R yang bercat emas dan Ninja ZX-6R, semua model tetap mengusung cat Lime Green pada roda depan dan belakang.
Dari segi spek ZX-25RR identik dengan ZX-25R, hanya beberapa komponen saja yang menggunakan shock Ninja ZX-25RR menggunakan sistem suspensi inverted Showa dan memiliki posisi pre-load
Bagian belakang dapat disesuaikan sepenuhnya. Terdapat pengaturan preload, rebound, dan kompresi yang dapat disesuaikan dengan selera.
Warna benang pegas juga berbeda. Khusus ZX-25RR menggunakan warna hijau yang sesuai dengan bodinya. Jangan lupa rakitan slide bingkai pelindung disertakan dalam paket pembelian.
Inti mekanisnya ditenagai mesin 249,8 cc, DOHC, 16 katup, 4 silinder segaris.
Mesinnya memiliki diameter lubang x langkah 50,0 x 31,8 mm dan rasio kompresi 11,5:1 Jantung mekanisnya dipadukan dengan transmisi 6 percepatan.
Tenaga maksimum sebesar 49,5 tenaga kuda pada 15.500 rpm dan torsi maksimum 22,9 Newton meter pada 14.500 rpm, tenaga disalurkan ke roda belakang menggunakan girboks 6 percepatan.
Sesuai keterangan pabrikan, kecepatan maksimal yang bisa dicapai adalah 187 kilometer per jam. Namun berkat komponen ram air, tenaganya bisa ditingkatkan hingga 1 PS. Sistem akan bekerja dengan efisiensi penuh saat kecepatan sepeda motor mencapai 100 km/jam.
Ada banyak fitur kompleks. Lampu depan dan belakang sudah berteknologi LED. Ada Kawasaki Traction Control (KTRC) yang memiliki 3 mode berkendara dan bisa diatur.
Terdapat pilihan mode berkendara: Sport, Road, Rain dan Wheels yang dapat disesuaikan dengan selera pengemudi.
Pada mode pengendara, tenaga dan KTRC dapat diatur sesuai dengan karakteristik individu pengendara dan kondisi jalan yang dilalui. sama seperti energi Anda dapat memilih untuk menggunakan mode penuh atau rendah.
Mode rendah mengurangi tenaga motor sekitar 35 persen dari mode penuh. Kemudian KQS (Kawasaki Quick Shifter) tidak hanya bertambah. Tapi itu juga termasuk perpindahan gigi ke bawah. dan mulai bekerja di atas 2.500 rpm.
Berikutnya, meteran TFT dengan mode Sirkuit dan aplikasi Rideology memungkinkan pengendara terhubung secara nirkabel ke sepeda. Seri New Ninja ZX-25R merupakan motor sport fairing 250cc pertama di Indonesia yang memiliki konektivitas.
Dimungkinkan untuk mengakses berbagai fungsi alat. Dapat melihat informasi kendaraan (misalnya odometer pengukur bahan bakar Jadwal perawatan) dapat dilihat di ponsel cerdas Anda melalui aplikasi bernama Rideology The App.
Anda juga dapat melihat catatan mengemudi. Termasuk petunjuk arah GPS, posisi gigi, rpm dan informasi lainnya saat terhubung. Notifikasi telepon (panggilan, pesan) ditampilkan di dashboard.
Pengemudi juga dapat mengubah pengaturan tampilan cluster instrumen. (Pengaturan jam dan tanggal unit yang dipilih) melalui smartphone
Berikutnya ada electronic throttle valve (ETV) dengan ECU spek tinggi. Komponen ini dapat mengontrol jumlah bahan bakar. Udara (melalui injektor bahan bakar) dan udara (melalui katup throttle) yang masuk ke mesin. Sehingga membuat respon mesin lancar.
Ini juga membantu pengemudi untuk menggunakan semua fitur yang diinstal dengan mudah.
Lalu ada sistem Immobilizer sebagai standar keselamatan sepeda motor. Meski masih berupa kunci Namun ada chip yang tertanam di dalamnya. Oleh karena itu, sepeda motor tidak dapat dihidupkan jika sepeda motor rusak dengan kunci lain. Lebih aman!
Rangkanya menggunakan swingarm ala blind dan banana. Keduanya menggunakan material yang sama, yaitu baja berkekuatan tarik tinggi.
Untuk mengurangi kecepatan Oleh karena itu, rem cakram berdiameter besar dipasang dan diamankan dengan kaliper monoblok radial untuk pengereman depan. Cakram rem belakangnya juga lebar sehingga memberikan pengereman yang prima.
Motor sport 250cc 4 silinder ini hadir dengan ban radial Dunlop GPR300 untuk memberikan traksi yang baik di aspal.
Memberikan efek pencahayaan untuk kontrol yang efisien. Ukuran yang digunakan adalah 110/70 depan dan 150/60 belakang.
Sumber: Oto.com