Global

WEB NEWS Kebun Binatang Thailand Bakal Ajukan Hak Cipta untuk Moo Deng yang Viral

thedesignweb.co.id, Bangkok – Popularitas bayi kuda nil menggemaskan asal Thailand bernama Moo Deng sepertinya tak terbendung. Namanya semakin dikenal baik di dalam negeri maupun internasional, baik di dunia maya maupun secara langsung.

Selama kurang lebih lima tahun, penjaga kebun binatang asal Thailand, Atthapon Nundee, mengunggah momen-momen lucu hewan-hewan yang dirawatnya. Dia tidak pernah membayangkan seekor kuda nil kerdil yang baru lahir dari Kebun Binatang Terbuka Khao Kheow akan menjadi megabintang internet dalam beberapa minggu.

Dilansir The Independent, Senin (23/9/2024), banyak pengunjung yang ingin melihatnya langsung, hingga mobil-mobil yang melaju hendak mengunjungi kebun binatang di Thailand.

Pengunjung datang dari berbagai daerah untuk berkesempatan melihat langsung bayi kuda nil berusia dua bulan yang gemuk dan ekspresif.

Kandang tempat tinggal Moo Deng bersama ibunya, Jona, langsung penuh, dengan orang-orang yang memekik dan bersorak setiap kali bayi hewan berpipi kemerahan itu mulai gemetar cemas.

“Itu tidak terduga,” kata Atthapon kepada The Associated Press.

“Saya ingin orang-orang tahu tentang dia. Saya ingin banyak orang mengunjunginya, menontonnya secara online atau memberikan komentar yang bagus. Saya tidak pernah menyangka (tentang hal itu).”

Wajah emosional Moo Deng bahkan menjadi meme. Seniman menggambar kartun berdasarkan itu. Platform media sosial X bahkan memasukkannya ke dalam unggahan akun resminya.

Dengan semua ketenaran ini, direktur kebun binatang Narongwit Chodchoi mengatakan mereka mulai mematenkan dan memberi hak cipta pada “Moo Deng si kuda nil” untuk mencegah hewan tersebut diperdagangkan oleh orang lain.

“Setelah kami melakukan hal ini, kami akan memiliki lebih banyak pendapatan untuk mendukung kegiatan yang akan meningkatkan kehidupan hewan,” katanya.

“Keuntungan yang kami peroleh akan dikembalikan ke kebun binatang untuk meningkatkan kehidupan semua hewan di sini.”

Kebun binatang ini tersebar di lahan seluas 800 hektar dan menjadi rumah bagi lebih dari 2.000 hewan. Kebun binatang menjalankan program penangkaran banyak spesies yang terancam punah seperti Moo Deng.

Kuda nil kerdil yang berasal dari Afrika Barat terancam oleh perburuan liar dan hilangnya habitat. Hanya tersisa 2.000-3.000 ekor di alam liar.

Untuk membantu mendanai inisiatif ini, pihak kebun binatang membuat kaos dan celana bergambar Moo Deng, yang akan siap dijual pada akhir bulan ini, dan produk lainnya akan segera hadir.

Narongwit menilai salah satu faktor ketenaran Moo Deng adalah namanya, melengkapi kepribadian energiknya yang terekam dalam video yang diunggah Atthapon.

Kebun binatang ini mengalami peningkatan pengunjung sejak Moo Deng menjadi terkenal. Saking ramainya, pihak kebun binatang kini harus membatasi akses publik ke kandang bayi tersebut hingga jendela berdurasi 5 menit sepanjang hari pada akhir pekan.

Narongwit mengatakan kebun binatang menerima lebih dari 4.000 pengunjung selama seminggu, dibandingkan dengan sekitar 800 orang, dan lebih dari 10.000 pada akhir pekan, dibandingkan dengan sekitar 3.000 orang.

Namun ketenaran juga membawa beberapa pengunjung yang tidak ramah ke Moo Deng, yang bangun dan siap bermain selama sekitar dua jam sehari.

Beberapa video menunjukkan pengunjung memercikkan air atau melemparkan benda ke arah Moo Deng yang sedang tidur untuk membangunkannya. Kuda nil tersebut kini memiliki tanda peringatan agar tidak melempar benda ke arah Moo Deng – yang terpampang jelas di bagian depan dalam bahasa Thailand, Inggris, dan Mandarin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *