Lifestyle

DESIGN WEB Koleksi Batik Marunda di Fashion Nation, Tampilkan Cerita Wajah Jakarta Lewat Warisan Budaya Berbalut Mode

thedesignweb.co.id, Jakarta – Sederet koleksi Batik Marunda hadir dalam ajang Fashion Nation edisi ke-18 dalam rangka perayaan HUT Senayan City, Senin 23 September 2024. Ada empat nama “Sasmita Jakarta, Para pecinta fashion diajak melihat brand Batik Marunda yang terinspirasi dari kisah kehidupan perkotaan di jantung kota Jakarta.

Setiap motif batiknya nampaknya merupakan karya ibu Rusun Marunda. Teknik tersebut menunjukkan dua metode membatik, yaitu batik tulis dan cetak yang dikerjakan secara terus menerus.

Bekerjasama dengan Senayan City, Batik Marunda juga meluncurkan lini busana ABNG Marunda. Menggabungkan keindahan sentuhan tradisional dengan sentuhan modern, koleksi wanita menampilkan kemeja, blus, dan pakaian luar serta gaun putih tanpa kerah. 

Merek Batik Marunda mengkhususkan diri pada pakaian hitam putih yang tampil gaya untuk dikenakan pria. Alasannya karena bangunan-bangunan bersejarah di Jakarta sekaligus contoh lalu lintas di kota itu padat.

Kayu kering dan perahu pengiringnya serta perahu nelayan yang menggambarkan pelabuhan juga menjadi inspirasi logo Batik Marunda. Pada lini pakaian wanita banyak muncul warna-warna mencolok.

Ada kemeja biru, kemeja hijau dan rok A-line. Ia juga mengeksplorasi tema bunga, burung, dan kupu-kupu.

Diambil dari laman Karya Creative Indonesia, Batik Marunda merupakan kisah cinta para ibu di tiga ruang keluarga di Jakarta. Para orang tua bekerja keras membuat perhiasan tradisional di kampung halamannya, Jakarta.

 

Para seniman Batik Marunda dikenal sebagai ibu-ibu yang sayang keluarga, cinta pekerjaan, dan cinta kota. Dengan menggunakan kain yang digunakan dengan berbagai cara, Anda meningkatkan kekayaan keluarga mereka.

Dengan penuh cinta, seniman Batik Marunda melukis, melukis, mewarnai, lalu menjahit. Keindahannya tidak hanya terpancar melalui pemandangan dan gambarnya yang indah, namun juga mencerminkan energi, warna-warni, dan kehidupan perkotaan di Jakarta yang selalu berubah.

Awalnya Fashion Nation dibuka pada Jumat, 20 September 2024. Banyak karya desainer Tanah Air yang turut serta dalam pameran untuk memperingati peristiwa bersejarah tersebut. Mengusung tema “Remember the Day,” Fashion Nation menampilkan karya 18 desainer berbakat Indonesia.

Beberapa artis ternama yang ikut serta tahun ini antara lain Amotsyamsurimuda, Danjyo Hiyoji, Happa e Mel Ahyar, Hartono Gan, Hunting Fields, IKAT Indonesia e Didiet Maulana, iyonono, KLE, dan Moral. Ada juga Natalia Kiantoro, ohmmbybai, dan Patrick Owen.

Melengkapi daftarnya, Purana, Rama Dauhan, Rinda Salmun, Savlavin, Wilsen Willim, dan Yosafat Dwi Kurniawan pun mengonfirmasi keikutsertaannya. Seluruh desainer menghadirkan koleksi terbarunya di bawah arahan perancang busana Edwan Handoko dan dengan kuasa Winky Wiryawan.

“Selama 18 tahun terakhir, Fashion Nation di Senayan City berkomitmen untuk memajukan industri fashion di Indonesia. Ajang ini terus mendukung dan membuktikan tumbuhnya kreativitas di dunia fashion setiap tahunnya,” ujar Halina, Leasing & Direktur Komunikasi Pemasaran Senayan City saat jumpa pers jelang pelaksanaan, Jumat 20 September 2024.

Ia menambahkan, “Dengan bekerja sama dengan desainer, brand, dan sponsor, saya sangat yakin Fashion Nation 2024 akan memperkenalkan konten kecantikan baru kepada para penggemar angin di Indonesia.”

Hartono Gan, salah satu desainer yang hadir pada konferensi pers tersebut, mengaku memiliki tiga proyek yang dengan senang hati ia bagikan. “Ini semua tentang pesta,” katanya, seraya menambahkan bahwa dia menyukai pesta.

 

Dalam perjalanannya, pakaian yang ia tunjukkan sangat keren dengan warna-warna cerah di sana-sini. Gaun manik-manik emas dan perak untuk pria dengan celana hitam adalah dua contohnya. Berikutnya tank top hitam beludru dipadukan dengan rok bola fuchsia.

Di saat yang sama, brand Rama Dauhan mengungkapkan telah memanfaatkan kesempatan tersebut untuk merayakan festival tersebut dengan menciptakan sebuah koleksi. Ia memamerkan koleksi gaun hitam dreamy dengan banyak hiasan dan bordir. “Saya adalah bisnis yang sangat besar, setiap pekerjaan dikontrol dengan waktu dan disiplin yang ketat,” ujarnya.

Masih banyak hal menarik lainnya dalam peragaan Fashion Nation ke-18 ini, termasuk brand Happa yang dijalankan oleh tokoh keempat Mel Ahyar. Memberikan kontras warna yang berbeda dan denim terlihat elegan untuk dipakai sehari-hari.

Lalu ada Ikat Indonesia karya Didiet Maulana yang juga memanfaatkan limbah untuk membuat pakaiannya. Begitu pula dengan Purana yang kini bermotif batik kali ini menunjukkan tampilan pakaian yang bersih dan cocok untuk dipakai sehari-hari.

Sekadar informasi, acara ini akan digelar pada 20-28 September 2024. Tak lupa, tahun ini Fashion Nation menggandeng Indonesian Fashion Designer Council (IFDC).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *