Konferensi Pemasaran Terbesar Asia Digelar, Bahas Perkembangan Teknologi hingga Tantangan Global
thedesignweb.co.id, Jakarta – Konferensi pemasaran terbesar di Asia, MarkPlus Conference (MPC), “Reinventing Marketing: People, Technology, and Impact” akan kembali digelar pada 4-5 Desember 2024. Dengan diselenggarakannya 10th ASEAN Marketing Summit, sebuah forum strategis yang mengusung tema “Restoring” Another ASEAN Marketing”.
Seperti tahun-tahun sebelumnya, acara ini menghadirkan peserta dari berbagai negara ASEAN dan menjadi wadah untuk berbagi ide, kreativitas dan inovasi dalam pemasaran sekaligus memperluas jaringan bisnis antar perusahaan ASEAN.
Roger Wang, Pemimpin Kaukus ASEAN dari Federasi Pemasaran Asia, mengatakan, Konferensi Pemasaran ASEAN ke-10 merupakan kesempatan langka yang diadakan setahun sekali.
“Program ini terus mempererat hubungan dan rasa persatuan antar negara ASEAN, khususnya di bidang pemasaran, kami berkomitmen memperjuangkan inisiatif strategis demi kepentingan anggota ASEAN pada tahun ini,” kata Roger Wang seperti dikutip, Jumat. Jumat). 6) /12/2024).
Pendiri dan ketua MCCorp Harmawan Kartjaya, yang juga dikenal sebagai bapak pemasaran Indonesia, juga berbagi pandangan mengenai “Pembaruan Pemasaran ASEAN 2025” yang dirancang untuk menjawab tantangan global.
“ASEAN membutuhkan strategi pemasaran baru yang memadukan teknologi dan nilai-nilai kemanusiaan. Dengan Gen-AI dan pergerakan geopolitik saat ini, kita harus inovatif untuk mengimbanginya,” ujarnya.
Jack Yao, presiden Asosiasi Pemasaran Asia, juga menyampaikan sentimen serupa. Jack menekankan pentingnya kolaborasi lintas batas untuk membangun masa depan pemasaran yang lebih baik.
Berbagai diskusi menarik dilakukan para pakar terkemuka pada agenda hari pertama. Lembaga Penelitian Ekonomi ASEAN dan pakar perdagangan Asia Timur, termasuk Yessi Vadila, menyampaikan pandangannya mengenai perdagangan ASEAN dan perubahan ekonomi.
Hadir pula Dr. Jackie Musri, direktur MarkPlus Institute, berbagi inspirasi di balik operasi di Asia, sementara Kaizen™, direktur pelaksana Kaizen™, menjelaskan metode efisiensi operasional Kaizen.
Sesi selanjutnya diisi dengan diskusi yang dimoderatori oleh Roger Wang, Head of the Security Management Group on Cyber Security and ASEAN Marketing Strategies for Entrepreneurship di ASEAN Marketing Federation (AMF) AD Offandi.
“Kolaborasi antara lembaga pemerintah dan industri swasta sangat penting untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman dan terjamin. Pendekatan ini memungkinkan respons cepat dan adaptasi strategis terhadap ancaman yang dinamis,” kata Adi Afandi.
Tak kalah menariknya, pada sesi sore hari Resha Kusuma Atmaja dari Toyota Astra Motor memaparkan diskusi mengenai pemasaran di berbagai negara seperti sharing mengenai inovasi produk di Jepang. Kemudian diwakili di Korea oleh David Sehyeon.