Saham

Krom Bank Optimistis Catat Prospek Cerah pada 2025, Ini Alasannya

thedesignweb.co.id, Jakarta – PT Krom Bank Indonesia Tbk (BBSI) optimis perbankan digital akan memiliki masa depan cerah di tahun 2025. Hal ini sejalan dengan hasil industri yang positif pada tahun 2024. Transaksi perbankan digital nasional tumbuh 37,1% (year-on-year) pada Oktober 2024.

Apalagi, net interest margin (NIM) bank digital nasional diproyeksikan tumbuh 8% atau mencapai $3,60 miliar pada tahun 2024. Hal ini seiring dengan semakin besarnya minat masyarakat terhadap layanan perbankan digital. Berdasarkan kajian Jakpat, 49% penduduk Indonesia menggunakan layanan perbankan digital.

“Industri perbankan digital menunjukkan prospek yang menjanjikan karena populasi unbanked di Indonesia masih mencapai 48% dari total penduduk. Selain itu, total simpanan bank digital hanya kurang dari 1% dari total simpanan bank di Indonesia. Kami melihat perbankan digital .Presiden PT Krom Bank Indonesia Tbk Anton Hermavan dalam keterangan resmi, Rabu (12/04/2024) mengatakan industri masih memiliki “ruang pertumbuhan yang besar pada tahun depan”.

Di tengah masa depan yang menjanjikan tersebut, PT Krom Bank Indonesia Tbk juga menunjukkan kinerja yang baik. Dalam waktu kurang dari setahun sejak peluncuran aplikasi Krom untuk perbankan digital, Krom Bank berhasil mencatatkan peningkatan simpanan lebih dari 15 kali lipat pada Oktober 2024 (y/y). Laba bersih juga meningkat 4,18% (YoY) atau Rp 120,215 miliar pada Oktober 2024. Selain itu, tabungan dan deposito terus menjadi faktor pertumbuhan utama Bank DPK Krom.

Pada Oktober 2024, tabungan meningkat lebih dari 20 kali lipat (secara tahunan) menjadi Rp350,6 miliar, dan simpanan meningkat lebih dari 15 kali lipat (secara tahunan) menjadi Rp2,2 triliun.

Sejalan dengan pencapaian tersebut, Krom Bank meluncurkan berbagai inovasi sepanjang tahun 2024, antara lain fitur Money Journey yang membantu nasabah mengelola dan memantau anggarannya, layanan BI-Fast serta layanan QRIS dan penambahan kartu e-money untuk mendukung transaksi non-tunai. .

“Berbagai inovasi ini mencerminkan komitmen Krom Bank dalam mengembangkan infrastruktur digital yang proaktif dan adaptif. Dukungan tim teknologi internal memungkinkan kami menawarkan solusi perbankan digital yang lebih proaktif, adaptif, dan inovatif,” tambah Anton.

 

Sebagai layanan keuangan digital yang lengkap, perbankan digital lekat dengan generasi muda. Riset Populix menunjukkan 60% pengguna perbankan digital merupakan generasi Z. Kondisi ini mendorong bank digital untuk terus memberikan layanan yang praktis dan efisien.

Menurut penelitian Populix, masyarakat memilih perbankan digital karena alasan berikut: transfer uang cepat (66%), integrasi dengan layanan pembayaran lain (64%) dan biaya manajemen yang terjangkau (64%). Generasi muda cenderung memilih layanan yang memberikan akses terhadap produk keuangan seperti tabungan atau investasi dengan imbal hasil yang kompetitif, namun tetap praktis dan efisien.

Survei lain yang dilakukan Populix juga menemukan bahwa 23,4% generasi milenial dan 14,2% generasi Z menggunakan layanan keuangan digital untuk mendapatkan suku bunga lebih tinggi dan jaminan imbal hasil. Dengan preferensi nasabah yang semakin beragam dan canggih, Krom banka akan terus konsisten mengembangkan layanan pada aplikasi perbankan digital “Krom”.

“Kami juga akan berintegrasi dengan ekosistem mitra strategis dan fokus pada penggalangan dana pihak ketiga untuk memastikan pertumbuhan perusahaan yang berkelanjutan,” kata Anton.

 

Sejauh ini, PT Krom Bank Indonesia Tbk (IDX: BBSI) terus menunjukkan kiprah positif sebagai pemain baru di industri perbankan digital di Indonesia. Hingga Agustus 2024, Krom Bank berhasil membukukan year-to-date (ytd) sebesar Rp93,22 miliar dan dana pihak ketiga (DPK) sebesar Rp2,2 triliun, meningkat 348% atau lebih dari empat kali lipat dibandingkan Januari 2024 sebesar Rp495,94. miliar.

Pencapaian ini merupakan wujud komitmen Krom Bank dalam menyasar nasabah-nasabah berkualitas.

“Bagi kami, kelangsungan operasional perbankan, khususnya perbankan digital, tidak hanya diukur dari jumlah nasabah yang diperoleh, namun juga kualitas nasabah yang kami miliki. Oleh karena itu, hal ini akan membantu Krom Bank untuk mencapai pertumbuhan positif dari dana pihak ketiga (TDP) dan penyaluran kredit. “Kami juga akan bekerja sama dengan ekosistem dan pihak lain untuk menyediakan beragam layanan perbankan yang akan meningkatkan loyalitas nasabah,” kata Presiden PT Krom Bank Indonesia Tbk Anton Hermawan, Selasa (16/10/2024).

Pertumbuhan nasabah Krom Bank tidak lepas dari konsistensi inovasi dan kerja sama dengan ekosistem digital. Beberapa inisiatif strategis antara lain peluncuran fungsi QRIS pada Juli 2024 yang akan memudahkan pengguna dalam bertransaksi.

Baru-baru ini Krom banka memperkenalkan layanan BI Fast sebagai pelengkap layanan yang memudahkan penggunanya melakukan transfer antar bank.

Krom Bank berkomitmen untuk meningkatkan layanan core banking dan menawarkan berbagai inovasi layanan untuk memastikan customer experience (CX) yang lebih baik bagi nasabah yang didominasi oleh generasi muda, serta menjaga likuiditas dengan menerapkan strategi keseimbangan permodalan, DPC, dan penyaluran kredit. akuntansi untuk pendapatan perusahaan berturut-turut. Krom Bank juga menerapkan prinsip kehati-hatian dan kehati-hatian dalam penyaluran pinjaman.

 

 

Krom Bank sekaligus menerapkan standar ISO 27001:2022 untuk menjamin keamanan transaksi dan data nasabah. Kami berharap berbagai upaya tersebut dapat berperan dalam meningkatkan kepercayaan nasabah dan mendukung keberlangsungan operasional Krom Bank dalam jangka panjang.

Lebih lanjut, dengan beragam fleksibilitas dan kenyamanan layanan yang ditawarkan, Krom Bank mendukung pemerintah dalam meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia.

“Tujuan kami bukan hanya mencatat hasil yang baik, tapi juga memberikan dampak positif bagi masyarakat. “Dengan menerapkan value proposition ‘Grow Your Money’, kami mendorong masyarakat untuk mencapai kemandirian finansial melalui tabungan yang konsisten,” kata Anton.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *