Bisnis

LRT Jabodebek hingga Kereta Cepat Angkut 421,7 Juta Penumpang pada Januari-November 2024

thedesignweb.co.id, Jakarta – KAI Group mencatatkan 421.779.056 penumpang pada Januari-November 2024, yakni mengangkut 421,78 penumpang. 

Disusul LRT Jabodebek sebanyak 51 juta penumpang, LRT Jabodebek sebanyak 18,89 juta penumpang, Kereta Cepat KCIC sebanyak 5,43 juta penumpang, Bandara KAI sebanyak 5,43 juta penumpang, dan sistem transportasi KAI sebanyak 133.456 penumpang yang dioperasikan oleh KAI Wisata.

Ann Purba, Vice President Public Relations KAI, mengatakan kepercayaan banyak masyarakat untuk menggunakan layanan kereta api menunjukkan bahwa moda transportasi ini merupakan cara terbaik untuk memobilisasi masyarakat.

“Mendukung lingkungan yang berkelanjutan melalui pemanfaatan teknologi dalam operasionalnya. Salah satu langkah nyata yang dilakukan KAI adalah dengan melakukan penggantian infrastruktur perkeretaapian, khususnya pembangunan jembatan kereta api dengan menggunakan bantalan kayu berbahan sintetis,” ujarnya. Sabtu (7/12/2024). 

Selain memberikan pengalaman tak terlupakan, KAI juga mengoperasikan berbagai layanan kereta api melalui KAI Wisata. Sebagai kereta khusus, berbagai jenis Kereta Api (Nusantara, Bali, Toraja, Sumatra, Imperial, Prioritas, Retro) dan Kereta Api. 

Dalam rangka menyambut libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), KAI terus memberikan yang terbaik dalam edukasi pelanggan. KAI memiliki sejumlah inisiatif yang direncanakan untuk musim Natal 2024/2025 mulai 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025.

 

“Salah satu tindakan konkritnya adalah dengan memperbanyak jumlah Call Center (KKB) di 39 SPBU dan wilayah. Selain itu, tambahan 170 petugas kepolisian juga dikerahkan untuk membantu mengedukasi pelanggan dan memberikan informasi secara langsung, guna memenuhi kebutuhan pelanggan dengan cepat. dan efisien,” jelasnya. Anne. 

Selain itu, KAI menambah 145 petugas kebersihan stasiun, 198 petugas over the counter, dan 147 petugas kebersihan Natal. Untuk menjaga stasiun dan kereta api tetap bersih.

“Kami ingin penumpang kami tidak hanya sampai ke tujuan tepat waktu, tetapi juga mendapatkan pengalaman yang nyaman dan menyenangkan serta berkesan,” pungkas Ann. 

 

Hingga saat ini, LRT Jaodebek telah mencatatkan 2.033.103 pengguna pada November 2024. Rata-rata jumlah pengguna pada hari biasa mencapai 83.609 orang, sedangkan pada akhir pekan terdapat 36.096 pengguna yang menggunakan LRT Jabodebek.

Pada 26 November 2024, LRT Jabodebek mencatatkan jumlah pengguna harian tertinggi sejak diluncurkan pada 28 Agustus 2023 sebanyak 94.172 pengguna.

Menurut Manajer Humas LRT Jabodebek Mahendro Trang Bavono, pihaknya akan menambah 10 perjalanan di akhir pekan mulai 23 November 2024.

Mahendro pada Kamis (5/12/2024) “Penambahan ini bertujuan untuk menghubungkan lebih banyak pengguna, terutama di akhir pekan yang semakin sibuk.”

Ketepatan waktu

Selain itu, LRT Jabodebek berhasil tetap tepat waktu. Indikator ini sebesar 98,68 persen pada bulan November dan melampaui 98,32 persen pada bulan Oktober.

Tiga stasiun dengan jumlah pengguna terbanyak pada November 2024 adalah: Dukuh Atas BNI, Harjamukti, dan Kuningan.

Stasiun BNI Dukuh Atas tercatat 312.364 pengguna dan 276.789 unduhan, disusul Stasiun Harjamukti 231.860 pengguna dan 240.456 pengguna, sedangkan Stasiun Kuningan 186.180 pengguna dan 178.908 unduhan.

 

Mehendro mengatakan, November 2024 akan menjadi tonggak sejarah pelaksanaan hak penamaan Stasiun Dukuh Atas sebagai Stasiun Dukuh BNI.

“Langkah ini juga menunjukkan bahwa LRT Jabodebek diakui sebagai mitra dalam mengedepankan interaktivitas dengan berbagai peluang kolaborasi untuk mendukung pembangunan,” ujarnya.

“LRT Jabodebek terus memberikan kesempatan kepada mitra yang ingin bekerjasama dalam berbagai bentuk kerja sama untuk memperluas layanan dan mendukung pengembangan angkutan umum Jabodebek,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *