Teknologi

Manfaatkan Teknologi Berbasis AI, Infomedia Hadirkan Transformasi Digital Lewat Beragam Inovasi Solusi Bisnis

thedesignweb.co.id, Jakarta Perkembangan teknologi seperti yang terkait dengan kecerdasan buatan (AI) semakin pesat setiap harinya. Dapat dikatakan bahwa bidang ini mengalami pertumbuhan paling pesat dalam beberapa tahun terakhir. Perkembangan kecerdasan buatan di Indonesia sendiri menunjukkan gejala yang sama dengan tren global. Hal ini terlihat dari banyaknya perusahaan yang mulai mengeksplorasi dan mengintegrasikan kecerdasan buatan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

Melihat fenomena tersebut, Infomedia, sebagai anak perusahaan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan penyedia layanan digital business process outsourcing (BPO) berbasis AI di Indonesia, berkomitmen untuk menghadirkan inovasi melalui penerapan otomatisasi AI dan analisis (3A). Implementasi ini akan berlangsung di front-end dan back-end perusahaan. Berkat teknologi berbasis AI, Infomedia mampu memberikan layanan yang lebih efisien kepada pelanggan.

Eddy Sofryano, Presiden Infomedia, mengatakan: “Pentingnya perusahaan menerapkan teknologi AI adalah sebagai salah satu cara untuk tetap agile dalam merespons perubahan dan dinamika bisnis yang begitu cepat. Saya yakin penerapan teknologi AI di setiap departemen/fungsi suatu perusahaan dapat secara signifikan meningkatkan efisiensi dan efektivitas bisnis.

Sekadar informasi, otomatisasi proses bisnis merupakan salah satu aspek penting dalam layanan yang ditawarkan Infomedia. Dengan otomatisasi AI, berbagai proses yang sebelumnya hanya dilakukan secara manual kini dapat diotomatisasi. Misalnya, pusat kontak dan OmniX AI untuk layanan pelanggan dapat mengelola chatbot yang didukung AI untuk secara otomatis memproses pertanyaan umum dan memberikan rekomendasi tindakan kepada agen berdasarkan pola interaksi yang dianalisis dari data sebelumnya.

Tujuannya adalah untuk mengurangi beban agen layanan pelanggan dan memberikan respon yang lebih cepat kepada pelanggan. Tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional, tetapi juga menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih optimal.

Selain itu, Infomedia juga menggunakan kecerdasan buatan untuk analisis data. Dengan menggunakan algoritma pembelajaran mesin, Infomedia dapat membantu perusahaan menganalisis data pelanggan dan memberikan solusi berbasis data yang lebih efektif.

Misalnya, analisis sentimen yang diterapkan pada umpan balik pelanggan dapat memberikan wawasan berharga mengenai kepuasan pelanggan dan area yang perlu ditingkatkan. Dengan cara ini, perusahaan tidak hanya dapat memahami kebutuhan pelanggan, namun juga merespons dengan lebih akurat dan cepat.

Sementara itu, di sisi proses operasional back-end, teknologi diterapkan dalam proses SDM untuk menyelesaikan perjalanan karyawan mulai dari perekrutan hingga pensiun. Manfaat langsung dari penerapan teknologi AI telah terlihat dalam berbagai penerapan rekrutmen berskala besar di Indonesia. Tak hanya itu, layanan Doc.AI juga mewujudkan transformasi digital melalui pengolahan dokumen digital yang digunakan untuk penggalian data, klasifikasi, verifikasi, dan mendapatkan wawasan mendalam dari informasi yang ada.

Dilihat dari perkembangan saat ini, masa depan teknologi kecerdasan buatan di Indonesia nampaknya sangat cerah. “Penerapan contact center AI pada pusat layanan pelanggan yang dikelola Infomedia berhasil meningkatkan efisiensi sebesar 30%. Dapat diasumsikan penerapan teknologi ini akan semakin luas dan mendalam.” menjalin dukungan terhadap bidang Kolaborasi digital untuk berinovasi dan berkembang,” lanjut Eddy.

Untuk informasi lebih lanjut, Infomedia akan mengadakan konferensi pada akhir Oktober 2024 dengan topik INFINITE – Infomedia Insight in Technology Excellence. Melalui acara ini, Infomedia menampilkan kolaborasi antara pemerintah, swasta, institusi, dan asosiasi untuk mendapatkan wawasan mengenai revolusi AI.

Ke depan, penting untuk memastikan semua pihak mendapatkan manfaat dari kemajuan teknologi AI sehingga Indonesia dapat memasuki era baru dalam dunia bisnis. Bagaimana menerapkan teknologi kecerdasan buatan untuk meningkatkan efisiensi dan memberikan nilai tambah kepada pelanggan adalah tujuan perusahaan, dan berkomitmen untuk terus berinovasi dan mengedukasi pasar.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai teknologi 3A yang dapat diimplementasikan pada CRM dan backend perusahaan serta informasi mengenai Infomedia Conference 2024 dapat mengunjungi website kami www.infomedia.co.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *