WEB NEWS Maximus eTerron 9 Jadi Truk Pikap Listrik Pertama di Eropa dengan AWD
thedesignweb.co.id, Jakarta – Maximus eTerron 9 menjadi pikap listrik pertama yang menggunakan all-wheel drive (AWD) di Eropa. Sebelumnya ada mobil serupa, Ford F-150 Lightning yang mendarat di Norwegia pada awal tahun 2024, namun kemudian berhenti berfungsi.
Truk eTerron 9 mengalami peningkatan yang signifikan di pasar mobil dan meninggalkan pesaing seperti Rivian, Ford, dan Toyota. Truk asal China ini ditenagai oleh dua motor listrik.
Roda depan bertenaga 170 hp dan roda belakang 272 hp. Kapasitas tariknya juga besar, mampu menarik 3,4 ton dengan muatan 620 kg.
ETerron 9 berkapasitas 102 kWh dengan jangkauan 430 km telah lolos WLTP (Worldwide Harmonized Light Vehicles Test Procedure). Untuk pengisian daya, mobil ini mampu menerima daya pengisian hingga 115 kW, sehingga mampu mengisi daya dari 20 persen hingga 80 persen dalam waktu sekitar 40 menit.
Maximus eTerron 9 dilengkapi All-Terrain System (ATS) dengan enam mode berkendara, antara lain Normal, Mud, dan Sand. Pengemudi dapat menyesuaikan pengalaman berkendara dengan menyesuaikan power steering, suspensi, power recovery, dan respon kontrol stabilitas.
Mobil juga beroperasi sebagai sumber listrik portabel. Dengan teknologi pengisian daya jalur ganda, eTerron 9 memiliki port 2,2 kW di bagian depan dan port 6,6 kW di sepanjang sasis sehingga dapat memberi daya pada perangkat elektronik, gadget, dan lainnya.
Di dalam, Maximus eTerron menawarkan sembilan jok kulit yang dilengkapi udara dan pijat untuk pengemudi. Kedua kursi depan dapat diduduki untuk menciptakan area tidur hampir datar yang cocok untuk berkemah.
Selain itu, memiliki fungsi lanjutan Easy Load Mode yang mampu mereduksi suspensi hingga 60 mm jika diperlukan. Fitur standar seperti peringatan keberangkatan jalur juga tersedia untuk membantu pengemudi berkendara dengan aman.
Dengan panjang 5,5 meter, eTerron 9 sedikit lebih besar dari Ford Ranger dan lebih pendek dari F-150. Meski belum diumumkan harganya, truk tersebut diperkirakan akan lebih mahal dibandingkan T90EV yang dibanderol sekitar Rp 80.980 juta di Inggris, belum termasuk pajak pertambahan nilai.
Maxus akan mulai menerima pesanan eTerron 9 pada bulan Oktober, dengan pengiriman dimulai pada Januari 2025. Kehadiran eTerron 9 merupakan langkah penting dalam pertumbuhan pasar truk listrik di Eropa. Menarik untuk dinantikan harga truk ini apakah akan mengungguli F-150 Eropa yang dibanderol Rp 1,4 miliar.