Mengulik Mesin Baru All New Mitsubishi Triton yang Telah Disempurnakan
thedesignweb.co.id, Jakarta – All New Mitsubishi Triton yang baru saja memasuki pasar Indonesia dibekali mesin baru yakni mesin diesel turbo diesel 2.4 liter 4N16 Euro-4. Jantung mekanis baru ini menggantikan mesin diesel sebelumnya berkode 4N15 dan 4D56.
Menariknya, mesin baru Mitsubishi Triton menawarkan tenaga dan torsi berbeda untuk masing-masingnya. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing jenis.
Hikaru Mii, Director of Product Strategy, menjelaskan: “Kami berusaha menyesuaikan kebutuhan pelanggan dengan aspek bisnisnya, seperti tipe HDX dengan tenaga rendah, namun torsi kuat, di mana mereka membutuhkan respon cepat dan membutuhkan tenaga lebih besar.” PT. Penjualan Mitsubishi Motors Karma Yoda Indonesia (MMKSI).
Lanjutnya, sekaligus kami berusaha meningkatkan kemampuan mobil ini agar lebih baik untuk tiap tipenya, sehingga kami sesuaikan dengan kebutuhan konsumen tiap tipenya.
Dijelaskan Rifat Sungkar, pembalap profesional sekaligus brand Ambassador Mitsubishi Indonesia, All New Triton punya tiga keluaran berbeda, yakni 110hp, 150hp, dan 184hp.
“Mesin 110 PS tersedia di segmen ini karena feedback pelanggan, tidak harus cepat, tapi perlu skill agar Triton bisa melaju di medan yang sulit,” jelas Rifat.
Saat ini output 150 hp tersedia pada varian GLS 4×4 dan GLX 4×2. Mesin ini berkarakter off-road ringan atau kombinasi jalan raya dan off-road dengan putaran mesin antara 3.200 rpm hingga 3.500 rpm, tambahnya.
“Sekarang peaknya 184bhp. Untuk hidup dan sehari-hari, tidak perlu putaran tinggi untuk itu, itu antara 2500rpm hingga 2700rpm. Gear diubah dari 4.0 menjadi 4.0. 4.6, Sesuai dengan kebutuhan masyarakat kita,” jelasnya .
Mesin 4N16 disebut-sebut punya empat keunggulan dibandingkan pendahulunya.
Pertama, desain permukaan piston direvisi sehingga lebih ringan, tidak terlalu gesek, dan mampu meningkatkan kinerja pendinginan ruang bakar.
Kedua, 4N16 berbeda pada pompa bahan bakar dan injektor. Ketiga, formulir entri terbaik. Dan yang keempat adalah penggunaan katup pengatur oli variabel.
Kombinasi tersebut menjadikan mesin 4N16 sangat bertenaga dalam performanya, terutama torsi tinggi pada putaran rendah yang membuat mobil sangat kencang saat distarter dengan beban penuh.