Bisnis

Menteri Rosan Bertemu Tiga Perusahaan Raksasa Tiongkok Bahas Percepatan Investasi Mobil Listrik di Indonesia

thedesignweb.co.id, Jakarta Menteri Investasi dan Hilirisasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Rosan Perkasa Roeslani bertemu dengan perusahaan utama asal China yang bergerak di ekosistem kendaraan listrik (EV), yakni Build Your Dreams (BYD), CNGR New. Material, dan Kontemporer Amperex Technology Co., Limited (CATL). Pertemuan tersebut berlangsung pada 16-17 Desember 2024 di fasilitas manufaktur masing-masing perusahaan di Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

Kunjungan Menteri Rosan ke perusahaan-perusahaan tersebut bertujuan untuk meninjau investasi yang sedang berjalan di Indonesia, mengidentifikasi kebutuhan perusahaan yang dapat didukung oleh Pemerintah Indonesia untuk mempercepat pelaksanaan investasi dan memperlancar rencana jangka panjang perusahaan.

“Karena pesan Presiden Prabowo untuk selalu memprioritaskan investor di Indonesia, maka kami melindunginya,” kata Menteri Rosan.

Pertemuan Menteri Rosa dengan BYD Auto

Pada hari pertama kunjungannya ke China, Menteri Rosan bertemu dengan manajemen BYD Auto, perusahaan otomotif terkemuka, untuk membahas upaya percepatan pembangunan pabrik mobil listrik BYD di Subang, Jawa Barat. Menteri Rosan mengapresiasi investasi BYD di Indonesia.

“Kami percaya bahwa investasi ini sejalan dengan rencana pemerintah Indonesia untuk mencapai tujuannya mengurangi emisi karbon pada tahun 2060 atau lebih cepat, selain membantu menciptakan nilai tambah dan lapangan kerja. “Selain itu, perusahaan kini tidak hanya melirik pasar Indonesia, tapi juga pasar luar negeri,” kata Menteri Rosan.

BYD Indonesia berencana meningkatkan kapasitas produksi dari awal 150.000 unit per tahun dan siap memproduksi unit baterai dan Plug In Hybrid Electric Vehicle (PHEV) pertama pada awal tahun depan. Dengan penambahan kapasitas produksi tersebut, rencananya jumlah karyawan akan bertambah dari sebelumnya 8.700 orang menjadi 18.814 orang. Pembangunan pabrik tersebut bertujuan untuk memulai produksi komersial pada awal tahun 2026.

“Pembangunan pabrik BYD di Indonesia akan menjadi salah satu yang tercepat, karena dulu pembangunan pabrik mobil listrik di China dan Thailand memakan waktu 10-16 bulan. Tapi kalau mendapat dukungan dari pemerintah, kami yakin. Kami dapat menyelesaikan pembangunan pabrik dan memulai produksi komersial pada awal tahun 2026,” kata Liu Xueliang, CEO BYD Asia-Pasifik.

Menteri Rosan menegaskan komitmen pemerintah untuk mempercepat pelaksanaan investasi BYD, salah satunya dengan berkolaborasi dengan departemen/organisasi terkait untuk mempercepat infrastruktur di sekitar kawasan industri, termasuk jalan tol dan jalan menuju pelabuhan Patimban di Jawa Barat, Barat. Jawa. Menteri Rosan juga menyampaikan dukungan negara kepada perusahaan berupa percepatan penerbitan izin dan promosi investasi.

Pabrik BYD di Indonesia akan menjadi pabrik mobil terbesar di ASEAN. Saat ini luas pabrik BYD adalah 108 Ha dan diputuskan untuk ditingkatkan dan diperluas menjadi 126 Ha.

Secara global, BYD merupakan produsen mobil listrik terbesar di dunia dengan penjualan lebih dari 3 juta unit pada tahun 2023. Sejak diluncurkan di Indonesia pada awal tahun 2024, BYD Indonesia telah mencatatkan penjualan lebih dari 13.800 unit dan disebutkan telah membantu sekitar 50 kendaraan. . % terhadap penjualan EV di Indonesia setiap bulannya.

Usai pertemuan dengan BYD, Menteri Rosan melanjutkan kunjungannya ke fasilitas produksi CNGR New Material di Qinzhou, China (17/12/2024). Pertemuan dengan CNGR membahas perkembangan investasi CNGR di Indonesia, serta rencana perusahaan membangun Kawasan Industri Green Techno Konasara (KIHTK) yang bertujuan menghasilkan produk berkualitas tinggi di Konawe Utara, Sulawesi Tenggara.

Di Kawasan Industri di Konawe, CNGR berencana mengintegrasikan industrinya dari atas hingga bawah. CNGR sendiri telah berinvestasi di beberapa proyek smelter di Indonesia untuk mengolah bijih nikel. Total investasi CNGR di Indonesia saat ini sebesar Rp 42,4 triliun dengan 6.613 karyawan Indonesia.

“Bahkan kami terbuka terhadap investasi dan akan memberikan kemudahan bagi pertumbuhan investasi,” kata Menteri Rosan saat berkunjung ke fasilitas produksi CNGR di Qinzhou.

CNGR juga berencana mengundang pemasok material canggih internasional untuk berinvestasi di wilayah tersebut. Ke depan, perusahaan lokal tidak hanya memproduksi nikel, tetapi juga kobalt, mangan, dan mineral lainnya. Nikel sendiri akan diubah menjadi bahan energi canggih dan hidrogen, serta timah menjadi konduktor panel surya dan kecerdasan buatan. Fasilitas penelitian dan pengembangan juga akan dibangun di kawasan tersebut untuk melakukan perencanaan dan penelitian guna mengubah mineral di masa depan.

“Rencana kami, dengan dibuatnya pusat ini, rantai pasokan produk-produk canggih akan menjadi lebih tersentralisasi, sehingga menciptakan efisiensi dan stabilitas rantai pasokan. Mungkin satu-satunya di dunia dan Indonesia adalah tempat terbaiknya. untuk menciptakan rantai global produk-produk berkualitas tinggi,” kata Deng Weiming, ketua CNGR Advanced Materials.

Menteri Rosan juga mengapresiasi upaya perusahaan dalam meningkatkan sumber daya manusia dengan memberikan pelatihan dan kesempatan pendidikan tinggi bagi karyawan terkait sesuai dengan perkembangan daerah. Menteri Rosan berharap program investasi CNGR dapat mendorong ekosistem hilir sejalan dengan Roadmap Investasi Strategis Hilirisasi yang ada.

“Kami terbuka terhadap program kerja sama dan integrasi untuk mengembangkan industri dalam ini. Kami akan mengembangkannya dengan cepat dan aman,” tutup Menteri Rosan.

Perusahaan besar berikutnya yang dikunjungi Menteri Rosan adalah BRUNP yang merupakan bagian dari grup Contemporary Amperex Technology Co., Limited (CATL). Mantan Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) ini mengunjungi fasilitas CATL di Foshan, RRC, pabrik baterai (Pabrik CATL Ruiqing) dan pabrik katoda (CATL-Pabrik Brunp Foshan-I), serta tur. Di kantor pusat BRUNP di Foshan, RRC.

Kunjungan tersebut juga menegaskan komitmen Pemerintah Indonesia dalam mendukung pesatnya perkembangan ekosistem baterai kendaraan listrik (EV) di Indonesia. Saat ini, melalui konsorsium CBL (CATL, BRUNP dan Lygend), CATL Group bekerja sama dengan BUMN (ANTAM dan IBC) untuk menciptakan ekosistem baterai energi industri dan terintegrasi, mulai dari pertambangan, peleburan, industri peralatan baterai (prekursor dan katoda). Sel baterai dan daur ulang baterai berlokasi di Halmahera Timur, Maluku Utara dan Karawang, Jawa Barat. Total investasi dari proyek ini diperkirakan mencapai USD 6 miliar atau setara Rp 96 triliun.

“Pemerintah mendorong kemajuan integrasi investasi ekosistem baterai energi listrik karena kompatibel dengan sistem global dan meningkatkan nilai tambah dalam negeri, serta transisi hijau,” jelas Menteri Rosan.

Dengan menginisiasi pengembangan ekosistem baterai kendaraan listrik terintegrasi di Indonesia, pemerintah berharap dapat menjadi bagian penting dari pasar global dan mendorong pertumbuhan industri kendaraan listrik dengan konten berkualitas tinggi dan harga terjangkau. Program investasi ini juga didorong untuk mengedepankan kolaborasi dengan dunia usaha lokal, khususnya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang memiliki keterampilan dan kemampuan di daerah dan di setiap sektor pengadaan.

“Kementerian Penanaman Modal dan Pembangunan/BKPM saat ini terus memberikan bantuan dan dukungan untuk pesatnya pelaksanaan proyek ini dengan segera menerbitkan izin usaha dan pendampingan. “Kami juga akan memfasilitasi komunikasi dan koordinasi dengan Kementerian BUMN dan mitra lainnya agar proyek ini bisa cepat terlaksana,” kata Rosan.

Pada acara yang sama, Bapak Li Changdong, pendiri dan CEO BRUNP, mewakili grup CATL mengatakan bahwa pihaknya akan berusaha untuk mendorong pelaksanaan proyek pengembangan ekosistem sesegera mungkin.

“Isu selanjutnya adalah sel baterai untuk mobil, yang seharusnya mulai diproduksi pada tahun 2026 untuk memenuhi pasar saat ini. “Kami juga tertarik untuk membangun industri manufaktur baterai yang hemat biaya untuk melestarikan, memproses, dan memproduksi ulang mineral penting untuk baterai di Indonesia dengan teknologi ramah lingkungan,” kata Lee.

CATL merupakan perusahaan teknologi global dan inovatif asal Tiongkok, peringkat 295 dalam Fortune 500 tahun 2023, dengan omzet USD 101 miliar atau setara Rp 1,6 triliun per Desember 2023. Sejak didirikan pada tahun 2011, perusahaan Fujian yang berkantor pusat di Ningde telah menjadi pemasok baterai kendaraan listrik nomor satu di negara tersebut selama tujuh tahun berturut-turut (2017-2023) dengan pangsa pasar global sebesar 37%.

 

(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *