Pasar NFT SuperRare Alami Penurunan Pengunjung Bulanan
thedesignweb.co.id, Jakarta – Pasar Non-Fungible Token (NFT), SuperRare melaporkan penurunan kunjungan bulanan sebesar 45% dari tahun ke tahun (YoY).
Laporan Coinmarketcap, Minggu (18/8/2024), berdasarkan data Statista. Penurunan kunjungan SuperRare mencerminkan tren penurunan penjualan NFT yang lebih luas dan ketidaktertarikan yang meluas terhadap seni digital.
Tahun 2024 merupakan awal yang baik bagi SuperRare, dengan peningkatan kunjungan bulanan terbesar sejak Desember 2023, yang menandai peningkatan sebesar 29% di bulan Januari.
Namun, memasuki bulan Februari, jumlah kunjungan turun menjadi 240.000 sebelum turun menjadi 180.000 pada bulan Juni 2024. Penurunan kunjungan bulanan pada bulan tersebut merupakan jumlah terendah yang pernah dialami SuperRare sejak tahun 2021, yaitu penurunan sebesar 45% jika dibandingkan dengan tahun 2021. periode yang sama pada tahun 2023 dan 10% dari bulan Mei. Jumlah pengguna dan dompet di pasar NFT menurun
Penurunan kunjungan bulanan SuperRare hanyalah salah satu bagian dari teka-teki yang lebih besar. Pada kuartal keempat tahun 2021, mayoritas pasar NFT berada pada level tinggi, dengan lebih dari 1,9 juta dompet aktif, lima kali lipat dibandingkan kuartal terakhir.
Namun, sejak itu, jumlah total dompet yang memperdagangkan NFT mengalami penurunan, dengan hanya 1 juta dompet aktif pada akhir tahun 2021.
Pada tahun 2023 terjadi penurunan yang lebih besar, karena dompet turun menjadi 213.000 pada kuartal terakhir tahun ini, dan berlanjut hingga tahun 2024 terjadi penurunan dompet aktif sebesar 7% pada kuartal pertama, menjadi 197.000.
Penafian: Semua keputusan investasi ada di tangan mahasiswa. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Crypto. thedesignweb.co.id tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.
Sebelumnya, produsen mobil mewah Italia Automobili Lamborghini dan perusahaan kripto Hong Kong Animoca Brands mengumumkan kemitraan yang berfokus pada peningkatan keterlibatan merek dalam industri otomotif.
Animoca Brands mengatakan kolaborasi ini akan meningkatkan keahlian kedua perusahaan untuk menciptakan pengalaman unik bagi penggemar dan pelanggan Automobili Lamborghini, tanpa menjelaskan secara detail.
Meskipun detail mengenai kolaborasi ini belum dirilis, studio desain web3 Gravitaslabs dan Motorverse, perusahaan patungan Animoca Brands yang berfokus pada mobil digital, telah dipilih sebagai mitra eksklusif untuk inisiatif ini.
Melansir Crypto News, Sabtu (10/8/2024), kolaborasi terbaru ini bukanlah upaya pertama Lamborghini dalam proyek terkait blockchain. Pada Agustus 2022, pembuat mobil mewah ini telah bermitra dengan NFT PRO dan INVNT untuk meluncurkan serangkaian token non-disruptif yang menampilkan kendaraan andalannya di berbagai lokasi dengan judul “Road Trip NFT”.
Proyek yang berlangsung hingga Maret 2023 ini merilis kumpulan NFT bulanan, masing-masing tersedia untuk waktu terbatas. Langkah ini merupakan bagian dari strategi Lamborghini yang lebih luas untuk mengeksplorasi barang koleksi modern dan melibatkan generasi baru dengan seni digital dan NFT.
Saat itu, Christian Mastro, kepala pemasaran Lamborghini, menggambarkan NFT sebagai proposisi baru yang unik dan tidak biasa serta ekspresi baru untuk generasi baru.
Selain itu, Lamborghini menjadi berita utama ketika RM Sotheby’s baru-baru ini melelang Lamborghini Aventador LP 780-4 Ultimae Coupé, dipasangkan dengan NFT unik, menandai perpaduan antara kemewahan fisik dan dunia barang token.
Sebelumnya, Donald Trump berencana meluncurkan serangkaian token non-fungible (NFT) baru saat berkampanye. Donald Trump akan merilis NFT gelombang keempat yang dapat dibeli dan dikumpulkan oleh para penggemar mata uang kripto.
Koleksi Donald Trump NFT sebelumnya telah menampilkan gambar Trump dalam pose heroik. Token non-sumpah (NFT) adalah gambar digital yang direkam di blockchain yang digunakan untuk memverifikasi identitas dan keaslian. NFT sering disebut seni digital, dan orang-orang mengoleksinya seperti lukisan atau kartu perdagangan.
“Saya akan melakukan yang lain, karena orang ingin saya melakukan yang lain.” Sungguh semangat yang luar biasa,” kata Trump, dikutip Yahoo Finance, Minggu (21/7/2024).
Berita tentang klaster NFT muncul ketika industri kripto mendukung kampanye Trump dan rencana kebijakan pro-kriptonya. Mei lalu, tim kampanye kepresidenan Trump mulai menerima sumbangan mata uang kripto. Sebuah laporan oleh The Wall Street Journal mengatakan bahwa kampanye Trump menerima sumbangan kripto senilai $3 juta di AS pada paruh kedua tahun ini.
Pasangan Trump, Senator J.D. Vance dari Ohio, juga pro-kripto dan anti-regulasi. Dukungan Trump terhadap hal ini telah mengubah posisinya di masa lalu. Dia pernah menjadi kritikus vokal terhadap barang digital.
Namun, kali ini Trump tampaknya memiliki pandangan positif terhadap pasar kripto dan memperingatkan bahwa pasar tersebut tidak dikendalikan oleh negara lain. “Jika tidak, Tiongkok akan menerima dan memiliki kripto,” kata Trump.
Sebelumnya, miliarder dan pemilik Dallas Mavericks Mark Cuban mengungkapkan alasan mengapa banyak pimpinan perusahaan kripto atau kelompok terkait kripto mendukung Donald Trump dalam pemilu AS tahun ini. Cuban mengatakan ini hanyalah permainan Bitcoin.
“Ini adalah permainan bitcoin. “Yang mendorong harga bitcoin adalah harga yang lebih rendah dan pajak yang lebih tinggi, yang jika sejarah menjadi pedoman dan hal ini tidak selalu terjadi, maka akan terjadi inflasi,” kata Mark Cuban di media sosial, seperti dikutip Yahoo Finance, pada Jumat. baik (19). /7/2024).
Raksasa teknologi seperti Elon Musk telah mendukung Trump pada pemilu 2024 dan telah memberikan dukungan jutaan dolar kepada calon presiden mereka. CEO Tesla sendiri menghabiskan sekitar 45 juta dolar sebulan untuk kampanye pemilu Trump. Pendiri pertukaran kripto Gemini, Tyler dan Cameron Winklevoss, juga menyumbangkan $2 juta kepada Trump.
Pengusaha teknologi lainnya, seperti pendiri Palantir Joe Lonsdale, menyumbangkan $1 juta kepada super PAC (komite politik) yang mendukung Trump, sementara investor dari investor Sequoia Capital juga masing-masing menyumbang $1 juta.
Namun, Cuban yakin industri memilih Trump karena pengaruhnya terhadap nilai bitcoin, bukan karena dia mengaku mendukung aset digital tersebut.
“Bukannya mantan presiden itu pendukung kuat enkripsi. Itu bagus,” jelas Cuban.
Cuban menambahkan, hal ini tidak berdampak signifikan terhadap harga cryptocurrency. Hal ini mempermudah pengoperasian bisnis kripto karena perubahan yang tidak dapat dihindari dan diwajibkan oleh Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC).
Dalam beberapa bulan terakhir, Trump telah mengubah pendapatnya tentang bitcoin. Meskipun sebelumnya dia menyebut bitcoin sebagai penipuan, mantan presiden tersebut kini telah berjanji untuk melindungi hak penambangan bitcoin dan akan berbicara pada konferensi bitcoin tingkat tinggi akhir bulan ini di Tennessee.