Pasar Otomotif Lesu, Mitsubishi Bertekad Jaga Posisi Triton
thedesignweb.co.id, Jakarta – Pasar mobil Indonesia sedang mengalami penurunan penjualan, termasuk segmen kendaraan niaga seperti dua rumah. Situasi ini membuat PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales (MMKSI) semakin mendapat tantangan dalam memasarkan model baru Mitsubishi Triton.
Dijelaskan Irwan Kuncoro, Direktur Penjualan dan Pemasaran PT MMKSI, Mitsubishi Triton memasuki generasi keempat, dan selama 20 tahun bertahan di pasar yang kuat.
“Tapi tentu kita sering menghadapi kendala pasokan. Di situ kita menghadapi penurunan. Kalau menanggung beban semua Triton baru, kita ingin tetap punya pangsa pasar yang besar,” kata Irwan di sela-sela acara. tes. Mitsubishi Triton baru di Bukit Pelangi, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Senin (9/9/2024).
Misalnya saja, menurut Irwan, All New Triton menguasai pangsa pasar sekitar 40 persen di segmennya. Dan keberhasilan ini akan diperhitungkan sebagai perbaikan.
“Kami sedang mengembangkannya untuk menjadi market leader di segmen pikap 4×4,” kata Irwan.
Sementara menurut Direktur Penjualan dan Pemasaran PT MMKSI, Yoshio Igarashi menurut data Gaikindo, penjualan mobil justru turun hingga 20 persen dibandingkan tahun lalu.
Hal ini disebabkan oleh berkurangnya jumlah barang konsumsi dan berkurangnya pasokan barang, yang merupakan kombinasi dari faktor-faktor tersebut.
“Pelanggan kami pertambangan dan peternakan, tapi beberapa tahun terakhir sudah menyebar, kami coba ekspansi lagi, tantangan ini ke depan kami terima untuk fokus ke pasar pembeli swasta,” ujarnya.
Produk andalan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), All New Triton resmi diluncurkan di ajang GIIAS 2024 pada Juli lalu. Kini produk tersebut telah mendapat berbagai peminat yang dapat menunjang bisnis konsumen dan produsen berlogo tiga berlian tersebut.
Diungkapkan Atsushi Kurita, CEO PT MMKSI, Triton merupakan produk penting bagi merek asal Jepang tersebut. Kendaraan niaga ini telah ada selama lebih dari 20 tahun dan sangat digemari pembeli Indonesia.
Mobil ini juga kami kirimkan pada bulan ini (September 2024). Kami kirimkan ke pengguna, kata Kurita, di sela-sela test drive All New Triton, di Bukit Pelangi, Sentul, Bogor, Senin (9/9/2024). ) ).
Sementara itu, menurut Irwan Kuncoro, Direktur Pemasaran PT MMKSI, jika bicara surat pemesanan kendaraan (SPK), pada September 2024 akan didistribusikan ke pengguna sebanyak 500 unit, dan akan ditambah 500 unit lagi.
“Jadi sekitar 1.000 unit. Nah itu yang kita pahami sampai bulan ini,” kata Irwan.