Pemprov Jabar Rilis Transportasi Massal MJT, Cek Rute dan Tarifnya
LIPUTAN6. MJT adalah lalu lintas bus cepat (BT).
Pelaksana harian departemen Java Barat, Ade Afriandi, mengatakan bahwa resepsi ini merupakan langkah strategis dalam bintang citra positif dalam layanan transportasi besar -besaran di Jawa Barat.
“Pemulihan Java Barat hadir sebagai tanggapan terhadap kebutuhan masyarakat untuk transportasi umum yang nyaman, terjangkau, dan andal. Kami berharap bahwa layanan ini adalah kebanggaan warga Bandung Raya dan Jawa Barat,” kata Ade dalam pernyataannya kepada Bandung (12/31/2024).
Metro Jabar Trans mencakup enam rute utama di area Bandung Camar, untuk mengetahui:
1. Leuwipanang – soreang
2. Kota Baru Parahyangan-Bandung Square
3. Bec – Baleendh
4. Leuwipanang – Dago
5 Dago – Jatinangor
6. Leuwipanang – Majalaya
Ade mengatakan ada 85 bus. Sementara itu, angka yang diterapkan sangat masuk akal, yaitu 4.900 rp untuk umum dan RP2.000 untuk siswa dan orang tua.
Layanan ini dijadwalkan untuk mulai beroperasi pada 1 Januari 2025, dengan arah Pt Jasa Sarana, bumd provinsi Jawa Barat. Pendanaan berasal dari Java PDBD Barat, yang memastikan kesinambungan layanan masyarakat di daerah Bandung Camar.
Bey Machmudud mengatakan bahwa gubernur akting Jawa Barat adalah langkah pertama menuju sistem transportasi terintegrasi. “Selain itu, kami juga sedang mengerjakan proyek Paparang-Cicangka KRL untuk mendukung konektivitas yang lebih baik.”
“Kemudian akan diatur, ada pelapisan kembali gerakan transportasi yang tidak akan bersama di jalan (dengan MJT). Jadi, misalnya, sudah ada MJT, yaitu, Angkot hanya sebagai pengumpan atau sebaliknya. Jadi jalan utama adalah dukungan bus dan transportasi umum,” tambah Bey.
Bey meminta semua kelompok kepentingan yang terlibat dalam program MJT untuk menghadirkan jeda inklusif bagi para penyandang cacat di Jawa Barat.
“Saya meminta bahwa istirahat itu benar -benar dipertimbangkan untuk saudara -saudara kita dengan cacat dan tidak dibangun setelah dilupakan. Ada begitu banyak cerita yang hanya bisa kita berhenti di bus, tetapi ketika sudah berakhir. Jadi itu harus berlanjut,” katanya.
West Java Trans Metro Corredor (MJT) masih menggunakan yang sudah ada, yang bekerja hingga lima koridor.