WEB NEWS Pengalaman Belanja Fesyen Lokal dengan Layanan Ruang Privat di Flagship Store 3MONGKIS
thedesignweb.co.id, Jakarta – Brand fashion lokal 3MONGKIS menjanjikan pengalaman berbelanja yang lebih istimewa dan membuka kembali toko andalan mereka di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, pada Jumat 6 September 2024. Bekerja sama dengan FFFAAARRR, mereka juga menampung toko tersebut untuk mencerminkan pertumbuhan dan ambisi merek.
Pada upacara pembukaan, pemilik 3MONGGIS Hetty Awi mengatakan ini adalah toko terbesar mereka. “Lokasinya juga sesuai keinginan kami, di tengah. Karena ini merupakan flagship store, kami desain khusus,” ujarnya.
Saat ditanya tentang keistimewaan gerai tersebut, Hetty mengatakan itu adalah “ruangan khusus”. Terdapat fitting room yang dilengkapi dengan minibar dan bar, sehingga pelanggan dapat bersantai menikmati snack sambil berbelanja. Nyaman dengan sofanya, ruangnya lebih luas, bisa muat enam sampai tujuh orang, kata Hetty.
Dijelaskannya, seluruh pelanggan dipersilakan menggunakan ruangan tersebut, karena merupakan bagian dari perluasan layanannya. Oleh karena itu, tidak ada minimum pembelian atau persyaratan lainnya untuk menikmati situs pribadi ini. Hal ini mungkin bisa menjadi alasan lain untuk berbelanja langsung di tengah kepraktisan belanja online, meski kehadiran 3MONGKIS di ranah online tak pernah surut.
“Pembelian online dan offline selalu nyambung. Kalau mau lihat perlengkapannya, coba hacknya, bisa langsung ke toko untuk mencobanya. Online itu kan (menerima permintaan pelanggan) dari luar kota, supaya bisa lebih bermanfaat dalam berbelanja,” jelas Hetty.
Dalam semangat mendukung kolaborasi tersebut, mengingat 3MONGKIS besar di ruang digital, mereka memastikan toko fisik lini fesyennya senyaman mungkin. Tak heran, desain toko andalan telah dipikirkan dengan matang.
Ia menjelaskan bahwa tampilannya terinspirasi oleh pemandangan alam dan desain modern yang mencerminkan sikap merek yang terus berkembang. “Perjalanan ini ditonjolkan oleh tangga ikonik di depan toko,” kata Fauzia dari FFFAAARRR. “Batu alam yang digunakan di sini adalah asli Indonesia untuk menggambarkan bahwa (3MONGGIS) adalah simbol lokal.”
Deputy Marketing Manager Plaza Indonesia Zamri Mamat mengatakan timnya menyambut gembira pembukaan toko andalan 3MONGKI. “Plaza Indonesia lantai empat ini benar-benar inkubator merek lokal. Ini cara tradisional merek lokal. Kami sangat bangga bisa melihat kesuksesan merek lokal,” ujarnya.
Hetty mengatakan: “Ketika ada kesempatan untuk memperluas toko di Plaza Indonesia, kami langsung menerimanya dengan antusias. Meski menutup toko selama lebih dari enam bulan merupakan tantangan besar, namun hasil akhirnya sangat sepadan dan memuaskan.”
Sebagai bagian dari acara pembukaan, 3MONGKIS menampilkan koleksi pria pertamanya yang bertajuk “CITY SAFARI”. Sebelum hadir di toko fisik, koleksi tersebut sudah sempat ditampilkan di runway Plaza Indonesia Fashion Week (PIMFW) 2024, Kamis, 4 September 2024.
Hetty berkata: “Banyak dari pakaian 3MONGKIS yang sebenarnya unisex, jadi kami ingin mengumumkan bahwa kami juga memiliki koleksi pakaian pria.” Ia menjelaskan bahwa “CITY SAFARI” memadukan alam terbuka yang keras dengan kecanggihan budaya perkotaan.
Seri ini dirancang bagi mereka yang ingin dengan mudah beralih dari ruang rapat penuh gaya ke gaya lainnya. Koleksinya menampilkan warna-warna alami dan motif cerah, dengan elemen praktis, seperti kain yang dapat dilepas dan saku beritsleting, dengan total 14 SKU.
Perbedaannya terletak pada bahan yang nyaman dan kami berjanji akan nyaman. “Dari sudut pandang keberlanjutan, kami mengincar pakaian yang timeless dan bisa dipakai dalam jangka waktu lama. Bagaimana caranya agar pakaian tersebut tidak dibuang begitu saja. Lagipula, musim di Indonesia (variasinya) tidak terlalu besar, jadi pakaian ini bisa dipakai semua. sepanjang tahun,” katanya.
Hetty melanjutkan, “Dengan ‘CITY SAFARI’ kami mewujudkan visi kami untuk menjadi lebih inklusif dan inklusif. Kami sangat antusias untuk mempersembahkan koleksi pakaian pria kami di Plaza Indonesia dan mengapresiasi dukungan Anda dalam mewujudkannya.”
Meski demikian, 3MONGKIS tidak serta merta melepas lini pakaian berbahan kulit yang sudah menjadi DNA mereka. “Keren dan lucu,” katanya. “Sebagian besar pakaian kami menggunakan bahan katun.”
Soal inspirasi koleksi busananya, Hetty menjelaskan lini fesyennya memandang tren global sebagai pedoman utama yang akan disesuaikan dengan kebutuhan lokal dan DNA mereknya. “Kami ingin pelanggan melihat pakaian kami dan langsung tahu, ‘Oh, ini 3MONGKIS’,” ujarnya.
Sejalan dengan pemilihan fashion di flagship store yang dibuka kembali, tersedia juga koleksi kolaborasi Jovi Adhiguna untuk 3MONGKIS. Menurut Hetty, ini merupakan salah satu rangkaian produk terlaris yang banyak dicari pelanggan. Ada item pakaian mulai dari cardigan hingga blazer.