Pengguna LRT Jabodebek Tembus 5,9 Juta dari Juli-September 2024
thedesignweb.co.id, Jakarta KAI melalui LRT Jabodebek mencatatkan peningkatan jumlah pengguna yang signifikan pada kuartal III 2024 (Juli-September). Pada periode tersebut, sebanyak 5.968.184 pengguna dilayani LRT Jabodebek. Jumlah tersebut meningkat 23% dari kuartal II yang berjumlah 4.844.096 pengguna dan melonjak 55% dari kuartal I yang hanya mencapai 3.841.552 pengguna.
Peningkatan ini juga tercermin dari jumlah rata-rata pengguna hariannya. Selama hari kerja pada triwulan III, LRT Jabodebek melayani 77.251 pengguna per hari, meningkat 12,1% dibandingkan triwulan II yang mencatat 68.935 pengguna per hari. Dibandingkan kuartal I, terjadi peningkatan signifikan sebesar 47% dengan rata-rata pengguna per hari sebesar 52.379.
Sementara itu, rata-rata penumpang akhir pekan mencapai 35,350, meningkat 9,4% dibandingkan kuartal kedua yang mencatatkan 32,315 pengguna, dan meningkat 43% dibandingkan kuartal pertama yang mencatat 24,771 pengguna. Indikator positif pada bulan September 2024
Selain hasil yang dicapai pada kuartal III, September 2024 juga meraih hasil positif. KAI mampu melayani 1.953.095 pengguna LRT Jabodebek pada bulan ini.
Rata-rata pengguna harian pada hari biasa mencapai 80.015, meningkat 5% dibandingkan Agustus yang tercatat 76.044 pengguna harian. Jumlah rata-rata pengguna akhir pekan mencapai 35.279 pada bulan September, meningkat 1% dibandingkan bulan sebelumnya. Optimalisasi pemeliharaan dan pengoperasian
Dari sisi operasional, KAI terus mengoptimalkan jumlah rute LRT Jabodebek. Pada triwulan III, terdapat 22.540 perjalanan pada hari kerja, meningkat 32% dibandingkan triwulan II (17.024 perjalanan) dan 40% lebih banyak dibandingkan triwulan I yang mencatatkan 16.128 perjalanan.
Tingkat akurasinya juga meningkat hingga mencapai 98% pada kuartal ketiga, dibandingkan 97,7% pada kuartal kedua dan 94,2% pada kuartal pertama.
Jumlah gangguan perjalanan berhasil dikurangi, dengan hanya 1.375 gangguan pada kuartal ketiga, dibandingkan 2.471 pada kuartal kedua dan 2.556 pada kuartal pertama.
Khusus bulan September, KAI mengoperasikan rata-rata 355 rute LRT Jabodebek pada hari kerja dan 260 rute pada akhir pekan dengan akurasi 98,31%.
Dari sisi kerja sama komersial, KAI juga mengalami kemajuan signifikan dengan menjalin kemitraan hak penamaan di dua stasiun, yakni stasiun bank bjb Pancoran dan stasiun Dukuh Atas BNI.
Selain itu, adanya special branding pada beberapa lukisan kereta LRT Jabodebek semakin meningkatkan brand awareness mitra komersial dan meningkatkan pendapatan di luar layanan penumpang.
Untuk meningkatkan kenyamanan pengguna, KAI menyediakan air minum gratis di stasiun dan memperkenalkan Crowd Sensing System, sebuah teknologi yang memungkinkan pengguna melihat kepadatan kereta dan stasiun secara real time. Fitur ini memungkinkan pengguna memilih kereta dengan jumlah penumpang lebih sedikit untuk perjalanan lebih nyaman. Komitmen KAI terhadap pengembangan layanan
PR Manager LRT Jabodebek Mahendra Trang Bawona mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengguna atas dukungan dan kepercayaannya yang tiada henti.
“Kami mengapresiasi kepercayaan masyarakat terhadap layanan LRT Jabodebek. Hasil ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan kenyamanan perjalanan pengguna,” ujarnya.
Seiring bertambahnya jumlah pengguna, KAI berkomitmen untuk terus berinovasi dan memberikan layanan yang lebih baik guna memberikan pengalaman perjalanan yang lebih nyaman dan menyenangkan bagi seluruh masyarakat.