Otomotif

Pengguna Skutik Wajib Tahu, Ini Penyebab Kampas Ganda Cepat Aus

Liputan6.com, Jakarta – Kanvas ganda merupakan salah satu komponen skuter matik (Skuter) dan memiliki fungsi penting. Oleh karena itu, Anda harus mengeluarkan biaya lebih sering untuk perawatan perangkat ini agar kuda besi kesayangan Anda tidak mengalami masalah.

Namun masih banyak pemilik skutik yang kurang memperhatikannya, bahkan terkadang bilah ganda ini cepat aus.

Menurut situs resmi Wahana Honda, penyebab cepatnya keausan double pad pada skutik ini adalah sebagai berikut:

1. Seringnya pergerakan di jalan raya.

Jika sepeda motor bertransmisi otomatis sering dikendarai naik atau turun, lag akan cepat hilang. Saat memanjat, bilahnya bergesekan dan memakan bagian bawah bilahnya, menyebabkan separuh bilahnya terbakar.

2. Sering membawa beban berat

Bisa juga karena sepeda motor sering digunakan untuk membawa beban berat yang melebihi kapasitas beban yang dianjurkan. Hal ini membuat V-belt menjadi lebih berat sehingga menyebabkan lapisan V-belt lebih cepat aus.

3. Sering mengemudi di tengah kemacetan

Memperlambat ban secara berulang-ulang saat sepeda motor berhenti juga membuat bantalan ganda cepat aus karena bergesekan dan menahan bodi komponen sehingga ban sepeda motor tidak bergerak. Hal ini misalnya terjadi saat berkendara di tengah kemacetan.

Oleh karena itu, lebih baik mengerem jika harus berhenti di tanjakan.

 

Karena pentingnya fungsi bilah ganda, penting juga untuk mengetahui kapan perlu diganti. Berikut tanda-tanda pembalut sudah aus dan perlu diganti:

1. Deadlift terasa berat.

Bilah gandanya mulai memudar sehingga membuat sepeda menjadi lebih berat saat membawa beban. Hal ini mengakibatkan akselerasi atau traksi sepeda motor berkurang. Sepeda motor biasa dengan transmisi otomatis dua ruang hanya membutuhkan waktu 10 detik untuk mencapai kecepatan 120 kmpj.

2. Gas tampak kering.

Jika ban tampak lemot, mungkin lapisan ganda sepeda motor Anda mulai aus. Saat sepeda di throttle, bantalan ganda yang aus menyebabkan tuas dan rpm tidak sinkron, sehingga menghasilkan suara keras yang tidak sebanding dengan kekuatan tuas yang kendor.

3. Kopling sering slip.

Lapisan ganda yang bermasalah menyebabkan kopling sering selip, terutama saat sepeda motor sedang berakselerasi atau menanjak tanjakan terjal. Namun pada kasus lain bisa juga karena oli mesin sudah lama tidak diganti sehingga cepat aus.

 

Jika hembusan angin kencang namun akselerasinya lemah, hal ini mungkin disebabkan oleh lapisan ganda yang kendur.

Misalnya kecepatan 50 km/jam idealnya membutuhkan putaran 5000 rpm. Namun jika lapisan mulai aus, putaran mesin harus 8000 rpm.

5. Hilangnya Kickstarter

Saat menstarter sepeda motor matic, sebaiknya menggunakan kick starter dibandingkan electric starter untuk menghemat efisiensi kelistrikan. Jika Anda menekan kickstarter namun merasakan adanya kerusakan, maka bisa saja tali-tali sepeda motor matic Anda mulai aus.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *