Teknologi

Penggunaan AI Generatif di Tempat Kerja Tak Lagi Bikin Khawatir

thedesignweb.co.id, Jakarta – Perusahaan konsultan IT Avanade yang merupakan anak perusahaan Accenture mengungkap dampak Microsoft Copilot untuk tempat kerja Microsoft 365 terhadap pengalaman karyawan.

Studi selama tujuh minggu terhadap 700 karyawan Avanade ini meneliti dampak AI generatif pada enam metrik manusia di tempat kerja.

Keenam ukuran tersebut meliputi komunikasi, kreativitas, kepercayaan, kepuasan kerja, kepribadian dan perilaku kewargaan organisasi.

Temuan penggunaan kecerdasan buatan ini menunjukkan peningkatan kreativitas, berbagi ide, dan pemecahan masalah. Namun, perbaikan terbatas pada ide-ide yang muncul secara spontan atau yang dihasilkan sebelumnya.

Presiden Pemasaran Pertumbuhan Avanade Bhavya Kapoor mengatakan AI produktivitas seperti Copilot M365 adalah gelombang komputasi berikutnya di Asia Tenggara dan membentuk kembali masa depan dunia kerja.

“Saat kita mengintegrasikan AI ke dalam strategi bisnis yang lebih luas, penting untuk mempertimbangkan pendekatan manusiawi terhadap AI,” katanya.

Ia mengatakan ada kebutuhan untuk membangun sistem etika digital yang kuat untuk membangun masa depan di mana teknologi dan manusia bekerja secara harmonis untuk membawa kesuksesan bisnis.

Di Global Future of Work Avanade, Siegenheim mengatakan kebutuhan untuk menemukan keseimbangan antara meningkatkan kehidupan kerja tanpa mengorbankan kualitas keterlibatan karyawan dan jaringan dukungan sangat penting dalam penerapan AI produktif di tempat kerja.

Berikut dampak penggunaan AI generatif di berbagai sektor terhadap karyawan.

Sebelum memulai survei, 72 persen karyawan merasa berhati-hati dalam berkomunikasi. Hal ini karena mereka mengharapkan M365 Copilot untuk menyalin pertemuan.

Namun dalam waktu enam minggu penggunaan. 45% karyawan merasa sangat berhati-hati dalam berkomunikasi.

Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pergeseran besar ke arah komunikasi terbuka seiring dengan meningkatnya pengetahuan tentang alat-alat ini. 2. Kreativitas dan Inovasi

Skor kreativitas keseluruhan meningkat sebesar 2 poin persentase menjadi 82 persen sejak tahun lalu. Persetujuan untuk mengadopsi cara kerja baru meningkat sebesar 80-89 persen, namun untuk tugas-tugas yang memerlukan pemikiran orisinal, terjadi sedikit penurunan.

9 dari 10 responden, atau 88 persen, menganggap Copilot M365 sejalan dengan nilai-nilai perusahaan. Lebih dari separuh responden mengatakan bahwa Copilot M365 sesuai dengan nilai-nilai pribadi masing-masing responden.

Bantuan Kopilot dalam menangani tugas tampaknya sudah baik. Skor kepuasan sebesar 75 persen. Namun, peringkat rata-rata lembaga tersebut untuk transparansi (78 persen) dan akuntabilitas (65 persen) menunjukkan pemahaman terhadap proses pengambilan keputusan lembaga tersebut dan prinsip-prinsip tata kelola yang kuat. 4. Kepuasan kerja

85 persen mengatakan mereka merasa puas bekerja dengan M365 Copilot. 80 persen mengatakan mereka terlibat dalam pekerjaan mereka, yang menunjukkan bahwa M365 Copilot diintegrasikan ke dalam aktivitas sehari-hari mereka tanpa mengorbankan aspek menarik dari pekerjaan mereka.

Tingkat kekompakan tim tetap terjaga meski ada M365 Copilot. 85 persen melaporkan bahwa persahabatan dan dukungan dari anggota tim tetap konsisten selama penelitian.

Namun, skor tim dan kolaborasi mengalami penurunan sebesar 2 persen, yang menunjukkan bahwa masih ada ruang untuk fokus dan perbaikan lebih lanjut. 6. Sifat korporat organisasi

Kemampuan beradaptasi terhadap teknologi meningkat hingga 86 persen. Hal ini menunjukkan bahwa alat AI ini dapat memfasilitasi dan mendorong keterampilan teknis serta beradaptasi dengan alat baru.

Sponsor dan kesopanan tetap stabil di angka 88 persen. Hal ini menunjukkan bahwa Copilot M365 tidak melemahkan semangat kerja sama dan saling mendukung dalam organisasi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *