Otomotif

PLN Icon Plus Siaga Nataru, Dukung Layanan SPKLU di 2.096 Lokasi Mudik

thedesignweb.co.id, Jakarta – Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (PTN) dan Komisaris PT PLN (Persero) Aminuddin Ma’ruf menyediakan infrastruktur Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di sepanjang jalan tol Trans Jawa dan Sumatera. Siap melayani masyarakat saat musim libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2025. Persiapan tersebut dipastikan usai meninjau langsung SPKLU di kawasan rekreasi KM 43 A Jakarta bersama Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dan Direktur Utama PLN Icon Plus Ari Rahmat Indra Cahyadi, Banten.

Dalam kunjungannya, Aminuddin mengapresiasi PLN yang telah menyiapkan infrastruktur SPKLU di Trans Jawa dan Sumatera yang diharapkan dapat meningkatkan pengguna mobil listrik sebesar 2,5-3 kali lipat dibandingkan tahun lalu. Untuk mengimbangi peningkatan tersebut, kapasitas SPKLU pada perjalanan pulang meningkat 8 kali lipat dari hanya 64 unit menjadi 500 unit dibandingkan tahun lalu.

“Kita cek terlebih dahulu, semua mobil dilayani tanpa perlu antri, sangat nyaman bagi teman-teman yang berkendara listrik. Teman-teman PLN juga meningkat 8 kali lipat dibandingkan tahun lalu dengan peningkatan pengguna 2,5 kali lipat,” kata Aminuddin.

Sementara itu, Darmawan mengatakan, saat ini PLN telah melatih 3.069 cabang SPKLU yang tersebar di 2.096 lokasi di Indonesia. Sebanyak 6.000 pegawai SPKLU telah diperingatkan untuk bertugas 24 jam sehari.

“Kami pastikan masyarakat yang menggunakan mobil listrik untuk pulang ke rumah tidak perlu khawatir kehabisan listrik di tengah jalan. Pola konsumsi penggunaan SPKLU telah kami bandingkan dengan tren tahun lalu, termasuk Natal dan Idul Fitri,” katanya. Farmasi.

 

Selain itu, PLN juga menyediakan fungsi Trip Planner melalui aplikasi PLN Mobile untuk menekan biaya pengguna kendaraan listrik. Fitur ini memudahkan pengguna kendaraan listrik untuk merencanakan informasi mengenai lokasi, jangkauan, dan kebutuhan pengisian daya SPKLU. *

Kunjungan ini merupakan bagian dari komitmen PLN Icon Plus dalam rangka Siaga Natal 2024 yang bertujuan untuk memastikan PLN Icon Plus siap menghadapi peningkatan aktivitas di musim liburan.

PLN Icon Plus telah mempertemukan 10 unit bisnis strategis (SBU) regional untuk menjalin kerja sama tidak hanya dengan departemen PLN masing-masing. Kami berharap sinergitas PLN grup ini dapat memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam menikmati layanan telekomunikasi dan sistem ketenagalistrikan di waktu yang istimewa ini.

PLN Icon Plus memiliki pelatihan ekstensif untuk berbagai infrastruktur penting seperti sistem telekomunikasi, komunikasi radio, daya cadangan POP, sistem trunk, jalur trunk serat optik, keamanan cyber dan pusat kendali operasi (NOC). Tim siaga, kendaraan operasional, dan peralatan pendukung lainnya juga disiapkan untuk menjamin keandalan pelayanan.

Untuk menunjang operasional, PLN Icon Plus menyiagakan 10 SBU Regional, 427 basecamp dan 58 NOC Pusat didukung 240 SBU NOC dan 72 NOC Regional. Sebanyak lebih dari 630 tim siaga dengan lebih dari 231 personel dilatih, didukung 381 sepeda motor dan 289 utilitas.

Sebagai bagian mendukung transisi energi, PLN Icon Plus berkontribusi terhadap keandalan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PLN yang tersebar hampir di seluruh tanah air. Salah satunya adalah platform pendukung penggunaan SPKLU yaitu PLN Mobile dan Charge.in, PLN Icon Plus memastikan pengalaman pelanggan dalam mengakses aplikasi tetap terjaga dengan baik.

Pada tingkat unit strategis (SBU), sumber daya disiagakan oleh PLN Icon Plus kepada instansi (CP) yang mencakup wilayah yang lebih spesifik, secara proaktif dikerahkan untuk memobilisasi personel mulai dari pendirian pos peringatan dan peralatan pendukung hingga menjamin stabilitas pelayanan selama Nataru.

 

Untuk menjaga keandalan layanan, PLN Icon Plus menerapkan sistem pemantauan real-time 24/7. Rute pada kategori Peringatan dan Ancaman akan mendapat prioritas mitigasi dengan langkah proaktif untuk mengurangi risiko gangguan.

Ari Rahmat Indra Cahyadi, Direktur Utama PLN Icon Plus, mengatakan: “PLN Icon Plus berkomitmen penuh mendukung suksesnya operasional perayaan Tahun Baru dan Tahun Baru dengan menjamin stabilitas sistem telekomunikasi dan dukungan sistem ketenagalistrikan PLN di Indonesia. . Kami memastikan berfungsinya layanan secara optimal melalui sinergi dengan seluruh SBU, departemen PLN, serta pelatihan personel dan peralatan daerah. “PLN Icon Plus siap memberikan layanan yang andal dan terbaik kenyamanan orang-orang pada acara khusus ini, dengan pemantauan terus-menerus dan pengurangan paparan aktif.”

PLN Icon Plus bertujuan untuk menjaga stabilitas jaringan backbone, koneksi berkecepatan tinggi, layanan SPKLU dan infrastruktur PLN Mobile. Dengan kerja sama dan komitmen yang tinggi, PLN Icon Plus memastikan masyarakat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan nyaman.

Melalui langkah strategis dan koordinasi yang matang, PLN Icon Plus berharap dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat pada masa siaga Tahun Baru dan Tahun Baru 2024-2025.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *