Bisnis

Rebranding, SMBC Indonesia Perluas Segmen Nasabah

thedesignweb.co.id, Jakarta – PT Bank SMBC Indonesia Tbk (SMBC Indonesia) kini resmi hadir dengan nama baru SMBC Indonesia, sesuai keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Agustus 2024.

Pada Maret 2024, SMBC Indonesia mengakuisisi 51% saham PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finans (OTO Group) dan menunjukkan komitmennya untuk memperluas akses pelanggan.

Melalui langkah strategis ini, SMBC Indonesia menyediakan solusi pembiayaan otomotif untuk sepeda motor dan kendaraan roda empat, menerapkan inisiatif pembiayaan bersama dan memperluas ekosistemnya melalui jaringan cabang yang luas di Indonesia.

Hal ini juga menekankan pentingnya pengembangan sumber daya manusia melalui program pelatihan bersama. Transformasi BTPN menjadi SMBC Indonesia merupakan inisiatif strategis untuk beradaptasi dengan kondisi pasar yang dinamis dan memperkuat posisinya di sektor perbankan.

SMBC Indonesia menawarkan rangkaian solusi keuangan yang komprehensif untuk berbagai segmen nasabah, dengan komitmen untuk selalu menjawab kebutuhan nasabah yang terus berkembang.

Perubahan nama ini merupakan tonggak penting bagi kami setelah lima tahun mengabdi di SMBC Indonesia dan puluhan tahun melayani pelanggan. Melalui semangat #TogetherMoreMeaning, perubahan ini memperkuat komitmen kami untuk selalu berinovasi memberikan solusi keuangan yang andal,” kata Henoch Munander, presiden SMBC Indonesia, Selasa (3/12/2024).

Sejak didirikan pada tahun 1958, SMBC Indonesia telah berdedikasi melayani masyarakat Indonesia selama lebih dari 66 tahun dan telah menjadi mitra solusi keuangan terpercaya untuk berbagai segmen nasabah.

SMBC Indonesia memadukan reputasi global Sumitomo Mitsui Bank Corporation (SMBC) dan jaringan luas Bank BTPN dengan keahlian lokal untuk membangun kemitraan yang kuat, mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, dan menyediakan layanan keuangan inovatif yang bermanfaat bagi masyarakat.

 

“Dengan memadukan pengalaman global dan keahlian lokal, kami menawarkan solusi keuangan komprehensif dan inovatif yang memenuhi beragam kebutuhan nasabah dari semua segmen. Kami yakin kemitraan ini akan membantu SMBC Indonesia menciptakan kehidupan yang lebih bermakna dan sejahtera bagi masyarakat Indonesia,” Lanjut Hanok.

Bagi nasabah ritel, SMBC Indonesia menawarkan beragam layanan termasuk perbankan digital, pinjaman, pembiayaan mobil, dan manajemen aset. Bagi Korporasi, SMBC Indonesia menawarkan solusi perbankan korporasi dan perbankan grosir.

Selain itu, SMBC Indonesia berkomitmen penuh dalam memberikan solusi keuangan bagi para pensiunan dan pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

 

Sebelumnya, PT Bank SMBC Indonesia Tbk (BTPN) mengumumkan perubahan mereknya menjadi SMBC Indonesia. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari strategi penguatan identitas pasca proses integrasi dengan Sumitomo Mitsui Bank Corporation (SMBC), salah satu grup keuangan terbesar di Jepang dan pemegang saham utama BTPN.

Rebranding ini mencerminkan posisi SMBC sebagai bank yang lebih terintegrasi dengan jaringan global dan menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan perbankan yang komprehensif bagi nasabah korporasi dan ritel di Indonesia. Meskipun terjadi perubahan nama, layanan dan operasional tetap berjalan seperti biasa bagi pelanggan tanpa perubahan besar.

“Rebranding ini tidak sebatas perubahan nama atau identitas visual saja. Langkah ini merupakan tonggak penting dalam peringatan lima tahun merger yang memperkuat SMBC Indonesia dan memberikan kami keterampilan dan sumber daya yang kami butuhkan untuk bersaing di pasar yang semakin kompetitif. .” katanya. Presiden SMBC Indonesia Hanoch Munander pada konferensi pers Selasa (3/12/2024).

Dalam transformasi merek ini, perusahaan memadukan kemampuan global dengan pengalaman selama 66 tahun melayani pasar lokal dalam menyediakan solusi keuangan yang komprehensif dan inovatif untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia yang terus berkembang.

Rebranding ini juga merupakan langkah strategis untuk menyatukan seluruh segmen bisnis perbankan dalam satu brand yang kuat.

“Langkah ini akan memungkinkan kami memperkuat kehadiran kami di pasar, menciptakan sinergi di berbagai segmen bisnis, dan membuka peluang pertumbuhan baru,” kata Hanok.

 

Pada acara yang sama, CEO dan Presiden Direktur Sumitomo Mitsui Banking Corporation (SMBC Global) Fukutome mengatakan bahwa SMBC Indonesia adalah organisasi pertama yang menawarkan layanan perbankan komersial penuh di luar Jepang dengan merek SMBC. Oleh karena itu, merek ini mewakili komitmen kuat SMBC Group terhadap bisnisnya di Indonesia.

Meskipun terjadi perubahan nama, SMBC Indonesia tetap memberikan solusi keuangan pada lini bisnis yang ada dan bertujuan untuk berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia, kata Fukutome.

Dalam hal perbankan korporasi, SMBC Indonesia akan terus berupaya memberikan solusi bernilai tinggi bagi klien korporasi di Indonesia dengan memanfaatkan sepenuhnya jaringan global dan kemampuan produknya.

Untuk perbankan ritel, SMBC Indonesia akan mempercepat strategi pertumbuhan Grup SMBC dengan menyediakan produk dan layanan berkualitas tinggi dan canggih bagi nasabah ritel Indonesia di bidang-bidang utama seperti manajemen kekayaan, pembayaran, dan kredit konsumen.

“Kami tidak hanya akan meningkatkan nilai ekonomi, tetapi juga menciptakan lebih banyak nilai sosial di negara ini. Dalam rencana pengelolaan jangka menengah kami saat ini, Grup SMBC berupaya untuk menciptakan nilai sosial untuk mencapai pembangunan yang berkualitas sebagai kebijakan inti, dan akan melakukan upaya untuk mencapai pembangunan yang berkualitas. memecahkan masalah sosial,” kata Fukutome.

 

Perubahan nama BTPN menjadi SMBC Indonesia sebelumnya telah disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang diselenggarakan pada 29 Agustus 2024. Rebranding yang disetujui RUPSLB mencerminkan sinergi yang kuat antara Bank BTPN dan induknya.

Sebelumnya, PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk melakukan merger dengan PT Bank Sumitomo Mitsui Indonesia pada tahun 2019. Langkah ini mengukuhkan identitas BTPN sebagai bank universal yang menawarkan layanan nasabah unggul.

Meskipun melakukan rebranding, BTPN dan pemegang sahamnya bertujuan untuk berkontribusi terhadap pertumbuhan perekonomian Indonesia melalui berbagai inisiatif seperti peningkatan kapasitas usaha dan sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), serta mendukung pembiayaan dalam perekonomian yang berkelanjutan. . , sebuah program Daya untuk meningkatkan kemampuan digital melalui Genius, serta memberdayakan konsumen dan masyarakat luas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *