Lifestyle

WEB NEWS Salah Satu Maskapai Tertua di Dunia Tumbang, Akhiri Layanan Penerbangan Selamanya pada 28 Oktober 2024

thedesignweb.co.id, Jakarta – Pesawat lain dibatalkan. Baru di Czech Airlines, maskapai penerbangan nasional Republik Ceko akan menghentikan semua operasinya pada Oktober 2024 setelah 100 tahun beroperasi.

Bandara yang memiliki sejarah hampir satu abad ini merupakan salah satu yang terbesar di Eropa Timur. Penerbangan terakhir akan dilakukan pada 28 Oktober 2024. Selain itu, layanan mereka akan dialihkan ke maskapai penerbangan Ceko lainnya, Smartwings.

Mengutip news.co.au, Senin (30/09/2024), maskapai pelat merah itu mengalami kesulitan dalam beberapa tahun terakhir karena sejumlah alasan, antara lain dampak serangan 9/11, promosi biaya rendah. Pesawat Terbang dan Pandemi Covid. Terdapat juga laporan mengenai inefisiensi internal yang menyebabkan pengadaan mahal dan pengeluaran berlebihan, yang juga menyebabkan penurunan kinerja maskapai.

Saat ini Czech Airlines hanya memiliki dua pesawat Airbus A320-200. Selain itu, pesawat ini akan dilengkapi dengan Smartwings.

Penerbangan dilakukan dua arah yaitu ke Paris dan Madrid dari Bandara Vaclav Havel di Praha. Penerbangan terakhir maskapai ini akan tiba dari Paris pada 28 Oktober, menandai berakhirnya operasi resminya. Program frequent flyer UK Plus dan UK Plus Corporate Anda juga akan dihentikan berdasarkan paket mereka saat ini.

Czech Airlines adalah maskapai penerbangan tertua kelima di dunia, setelah KLM Belanda (1919), Avianca Kolombia (1919), Qantas Australia (1920) dan Aeroflot Soviet/Rusia (1923). Penerbangan terjadwal pertamanya dilakukan pada tanggal 29 Oktober 1923, ketika maskapai penerbangan negara Cekoslowakia menjadi nama resminya.

 

Pada tahun-tahun awalnya, maskapai ini memainkan peran penting dalam menghubungkan Praha dengan Bratislava di Slovakia. Dahulu kedua kota tersebut berada di bawah satu negara bagian yaitu Cekoslowakia. Rute internasional lainnya segera menyusul, seperti ke Paris, Berlin dan Moskow.

Selama Perang Dunia II, maskapai penerbangan ini menghentikan operasinya untuk sementara, namun kembali beroperasi setelah perang berakhir. Setelah perang, maskapai ini terus memperluas jaringan rutenya dengan penerbangan ke Eropa, Timur Tengah, dan Asia.

Pada tahun 1980an, maskapai ini menjadi salah satu maskapai penerbangan terbesar di Eropa Timur dan melayani lebih dari 50 destinasi. Saat ini, Smartwings adalah maskapai penerbangan terbesar di Republik Ceko, menawarkan penerbangan reguler ke lebih dari 80 tujuan. Meski berkantor pusat di Praha, maskapai ini juga beroperasi di Slovakia, Polandia, dan Hongaria.

Nasib Czech Airlines mengikuti nasib maskapai Italia yang sudah tutup. Alitalia telah mengumumkan tidak akan lagi menjual tiket sebelum ditutup secara permanen pada tahun 2021. Maskapai ini telah berjuang selama bertahun-tahun dan berada di ambang kehancuran.

“Setiap kali dia berhasil menyelamatkan dirinya sendiri, meskipun satu-satunya akibat adalah penderitaan yang terus berlanjut,” kata Giovanni Orsina, direktur Sekolah Pemerintahan Universitas Lewis, kepada CNN Senin, 30 Agustus 2021.

Maskapai ini didirikan pada tahun 1947. Alitalia pernah dikenal orang Italia sebagai “freccia alata” yang berarti “panah bersayap” untuk menghormati kecepatannya. Pesawat jenis ini memiliki lambang yang terkenal yaitu huruf besar “A” pada bentuk sayap pesawat, dan memiliki warna bendera Italia.

Di masa kejayaannya, Alitalia bangga dengan gaya dan makanan Italia. Pramugari pada tahun 1950-an mengenakan seragam rancangan rumah Sorelle Fontana. Pada tahun-tahun tersebut, sederet desainer ternama, antara lain Delia Biagiotti, Alberto Fabiani, Renato Balestra bahkan Giorgio Armani, menciptakan pakaian bergaya dan kursi yang nyaman.

Makanan Italia panas yang disajikan di pesawat menjadikan maskapai ini favorit di kalangan pelancong internasional. Pengiriman gratis menjual parfum, jam tangan, syal, dan dasi mewah Italia.

Masa keemasan Alitalia dimulai pada tahun 1950an ketika rekonstruksi pasca-Perang Dunia II memicu ledakan ekonomi di Italia dan keluarga-keluarga akhirnya bisa terbang ke lokasi yang jauh. Ketika era penerbangan dimulai, Olimpiade Musim Panas 1960 di Roma membantu menyebarkan reputasi Alitalia ke seluruh dunia.

Perusahaan bahkan membuat poster yang memperlihatkan seorang pelaut dengan pesawat terbang di atasnya. Pesawat itu juga diberkati oleh otoritas agama Katolik. Sejak tahun 1964, Alitalia selalu menjadi maskapai penerbangan resmi Paus, dengan ukuran penerbangan yang berbeda-beda tergantung jarak yang ditempuh.

Pesawat yang membawa Paus sering disebut “Domba Satu”, yang setara dengan Air Force One milik kepausan, dan diberi nomor penerbangan AZ4000. Selama 30 tahun terakhir, pemerintah Italia telah menggelontorkan miliaran euro untuk sektor penerbangan dalam upaya menyelamatkannya dari kehancuran dan mempertahankan pekerjanya tetap bekerja.

Masalah Alitalia dimulai pada tahun 1990an ketika perlambatan Eropa membuat perjalanan udara lebih kompetitif dan jalur kereta api Italia diperkuat, menurut pakar penerbangan Aleghi. Situasi bertambah buruk ketika pihak berwenang mencoba mengambil alih Alitalia. Hal ini menyebabkan tiada hentinya mencari mitra bisnis dan pengusaha yang ingin mendukung negara dalam mengatasi tantangan pasar bebas.

Serangan 11 September 2001 di Amerika Serikat memberikan dampak besar terhadap industri penerbangan dan memberikan pukulan berat bagi Alitalia. Namun, pandemi Covid-19 juga tidak kalah dahsyatnya. “Pihak berwenang terus memperbaikinya, percaya bahwa Alitalia tidak bisa gagal, namun ada batasnya dan kita telah mencapai titik terendah,” kata Orsina.

Semua aliansi runtuh saat partai-partai tersebut berperang melawan pembunuhan terencana. Meskipun Alitalia dicintai sebagai sebuah merek, namun sering kali dibenci oleh penumpangnya. Menurut Orsina, krisis yang tidak berkesudahan pada akhirnya menyebabkan penurunan kualitas pekerjaan, termasuk mogok kerja, penerbangan tertunda atau dibatalkan, dan perjalanan jarak jauh.

Di dalam negeri, pemerintah juga sedang berjuang dengan upaya penurunan harga tiket pesawat domestik. Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, ada tiga poin yang perlu ditekankan guna menurunkan harga tiket pesawat.

“Pertama adalah pengurangan pajak bahan pesawat, kemudian penangguhan bea masuk komponen pesawat sehingga dapat menurunkan harga tiket pesawat, dan yang ketiga adalah bahan bakar jet,” ujar Menparekraf dalam Mingguan. Singkat. dengan Sandy Uno. di Kantor Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jakarta Pusat, Rabu, 17 September 2024.

Salah satu komponen yang dibahas adalah pengurangan pajak harga tiket pesawat. Jika hal ini terealisasi, Sandiaga menargetkan harga tiket pesawat domestik turun sekitar 10 persen pada akhir Oktober 2024.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *