THE DESIGN WEB

Seputar berita tentang liputan nusantara

Bisnis

Seluk Beluk BRIGADE MADANI Besutan Holding Ultra Mikro (UMi)

thedesignweb.co.id, Jakarta – Ultra Mikro (UMi) telah menorehkan banyak prestasi meski baru berdiri 3 tahun lalu. UMi telah memberikan pembiayaan kepada 36 juta debitur dengan total pembiayaan lebih dari Rp 622,3 triliun. Prestasi lainnya antara lain UMi melayani 176 juta nasabah tabungan dengan volume tabungan Rp313,9 triliun.

Prestasi menggembirakan lainnya adalah dari segi keuntungan. Sedangkan Ultra Micro Holding (UMi) yang beranggotakan PNM mampu membukukan laba Rp 800 miliar, dan laba gadai sebesar Rp 2,9 triliun.

Muhammed Kandra Utama, Senior Executive Vice President BRI Ultra Micro, mengatakan keberhasilan penggelaran UMi tidak lepas dari penerapan strategi seperti sinergi budaya bisnis ketiga entitas melalui aktivasi BRIGADE MADANI.

Jadi apa itu brigade sipil?

Kandra menjelaskan BRIGADE MADANI merupakan strategi program revitalisasi kebudayaan yang menyatukan gerakan/kegiatan buruh di 3 unit Holding UMi (BRI, PNM dan Pegadaian) sebagai serapan AKHLAK “Satu Budaya” serta percepatan proses bisnis dan inisiatif Holding UMi. Strategi dan percepatan inklusi keuangan Visi BRI pada tahun 2025 adalah menjadi grup perbankan paling bernilai di Asia Tenggara dan pelopor inklusi keuangan.

“Brigade Sipil merupakan strategi yang menyatukan seluruh gerak atau aktivitas pekerja kita di tiga unit ini, baik PNM BRI maupun Pegadaian. Dalam hal asimilasi satu budaya AKHLAK, kita bagian dari Kementerian BUMN yang punya budaya tersebut. Dalam sesi pertunangan Inspirato yang dikutip pada Selasa (15/10/2024), Candra menyampaikan etos “andal, kompeten, harmonis, setia, adaptif, dan koperasi.”

 

Terkait core value AKHLAK, Holding UMi mempunyai program untuk masing-masing core value. Hal tersebut merupakan nilai inti dari “Amanah” yang mencakup program “Serbu” yang bertujuan untuk mencapai tujuan atau KPI yang telah ditetapkan untuk mendorong nasabah naik peringkat.

Dijelaskannya: “Kami mempunyai program untuk nilai-nilai inti Akhlaq. Kami memiliki program untuk masing-masing nilai inti tersebut, untuk Amana kami sebutkan dalam program Serbo sehubungan dengan pencapaian tujuan atau indikator utama yang kami harapkan dari semua. unit kita.” .

Selain itu, untuk nilai inti “kompeten” terdapat program “LAT GAP” atau kependekan dari pelatihan bersama yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan internal melalui “pelatihan bersama”.

Oleh karena itu, untuk nilai inti “Harmonized” terdapat program Lan-Gab atau kependekan dari shared services, untuk menyelaraskan produk dan layanan 3 perangkat melalui layanan bersama.

Nilai inti “Ikhlas”, Holding UMi menciptakan program 2 no, 1 Korsa, Tanpa Alasan, Tanpa Penipuan, Tanpa Cacat untuk menjaga integritas dan dedikasi pegawai BUMN.

“Kita harus mengikuti seluruh pegawai dalam menjalankan standar operasional prosedur dan GCG harus kuat,” imbuhnya.

 

Untuk nilai inti “adaptif” adalah program “Serlok” yang bertujuan untuk menyesuaikan strategi dengan karakteristik daerah dan sumber daya lokal melalui “Serlok”.

Terakhir, nilai inti “Koperasi” dibentuk melalui program “Posko Smile” yang merupakan 3 unit outlet Co-locaBon untuk sinergi pelayanan dan pertumbuhan sosial ekonomi.

Melalui program Posko Smile, dilakukan kegiatan olahraga bersama (komunitas), dan perbincangan informal dilakukan di Smileposten. Razia ekosistem (pasar, desa, klaster) di 379 cabang BRI (kerjasama PNM dan Pegadaian) melibatkan 51.000 peserta (Agustus-September 2024).

“Berdasarkan laporan yang kami terima, sangat menarik dan menggembirakan bahwa teman-teman kami diundang untuk berpartisipasi, dan setidaknya ada 51.000 pekerja yang berpartisipasi. Kami melakukan semua ini demi satu budaya etis dan ini adalah bagian dari penyerapan dan pencapaiannya secara strategis. “Program kebudayaan adalah brigade sipil.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *