Teknologi Canggih di Pabrik Suzuki Cikarang, Tiap Mobil Ada 10 Ribu Lebih Komponen
thedesignweb.co.id, Cikarang – Suzuki telah membangun ekosistem otomotif di Indonesia selama lebih dari 50 tahun, salah satunya dengan menjalin kemitraan strategis yang berdampak pada perekonomian Indonesia. Upaya hilirisasi dan lokalisasi juga terus dilakukan sejalan dengan komitmen ‘Grow with Indonesia’.
Menurut Presiden PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) Minoru Amano, Suzuki bekerja sama dengan pemasok dari tier 1, 2, dan 3 untuk mendukung proses produksi. “Setiap unit mobil Suzuki setidaknya memiliki 10.000 lebih komponen, dengan komposisi kandungan lokal yang tinggi sehingga produsen lokal bisa bekerja sama dengan banyak pemain di industri global. Suzuki, Sikarang, Jawa Barat, sejak lama.
Didirikan pada tahun 2014, pabrik Suzuki di Sikarang meliputi area seluas 1.307.000 m2 dan memiliki fasilitas produksi yang lengkap mulai dari mesin dan transmisi, rangka dan bodi, pengelasan, pengecatan, perakitan hingga pemeriksaan akhir. Minoru Amano menekankan, “Indonesia adalah pilar ketiga pemasaran dan produksi global Suzuki. Dengan 85% konten lokal, produk kami tidak hanya dijual di Indonesia tetapi di 72 negara, mencerminkan kepercayaan global terhadap kualitas produk Suzuki Indonesia.”
thedesignweb.co.id juga berkesempatan mengunjungi pabrik Suzuki di Sikarang dan melihat proses produksi setiap unit mobilnya, mulai dari bodi hingga mesinnya. Pabrik Suzuki Sikarang mempunyai tahapan produksi dengan teknologi canggih sebagai berikut: 1. Powertrain (Mesin & Transmisi)
Suzuki menangani proses pembuatan mesin dan transmisi sendiri. Fase ini meliputi proses pengecoran, permesinan dan perakitan, menggunakan teknologi canggih seperti mesin X-ray, 3D CMM, uji Brinell dan robot pengukur. Suzuki juga memiliki laboratorium emisi untuk memastikan gas buang berada di bawah standar yang ditentukan. 2. Paksaan
Tahap langsung mengolah bahan baku baja menjadi panel dan rangka mobil. Suzuki menggunakan bahan galvanis untuk melindungi baja dari korosi, memastikan ketahanan korosi yang optimal.
Proses pengelasan menyatukan seluruh panel bodi dan bagian-bagiannya menjadi satu unit mobil secara utuh. Suzuki menggunakan sistem 70-30 dimana robot dan mesin berperan besar dalam pengelasan, dengan pemeriksaan akhir oleh tenaga manusia untuk memastikan akurasi dan presisi. 4. Produksi kursi
Suzuki membuat car seat sendiri untuk menjamin kenyamanan dan keamanan karena bagian ini paling dekat dengan pengemudi dan penumpang. 5. Berkumpul
Tahap perakitan merupakan proses penggabungan komponen-komponen kendaraan menjadi satu kesatuan. Prosesnya mencakup sistem Poca Yoke untuk mencegah kesalahan dan memastikan semua baut terpasang dengan benar. Sistem Andan digunakan untuk melaporkan situasi yang tidak normal sehingga dapat segera ditangani. 6. Tinjauan akhir
Setiap unit yang dirakit melewati tahap pemeriksaan akhir untuk memastikan seluruh fungsi mobil berfungsi sesuai standar. Pemeriksaan ini meliputi pengujian keselarasan roda, pengujian lampu depan, pengujian rem, pengujian tromol, dan pengujian pancuran.
“Berkomitmen untuk meningkatkan dan meningkatkan kualitas pelayanan dan produk, Suzuki selalu memastikan produk yang dihasilkan memenuhi standar produksi Body Cikarang kepada Department Head PT SIM.
Sebagai perusahaan yang sudah matang, lanjutnya, bahan baku yang diperlukan sudah memiliki standar yang jelas. Suzuki selalu memilih dealer yang memenuhi kriteria kualifikasi yang diperlukan Suzuki. Saat ini Suzuki memiliki lebih dari 1.400 vendor yang bekerja sama dan Suzuki akan terus berupaya mengembangkan pendekatan lokal.
“Deep local purchase sangat penting bagi Suzuki karena sangat membantu dalam QCD, termasuk masalah force majeure. Saat ini dalam seleksi screening kualifikasi vendor, Suzuki akan menggunakan identitas, asal, sistem dalam produksinya,” kata DeNiro.
Salah satu dealer Suzuki adalah PT Chemco Harapan Nusantara. Didirikan pada tahun 1984, pabrik ini merupakan salah satu pemasok utama Suzuki yang memproduksi berbagai komponen otomotif seperti sistem rem dan velg aluminium.
Dengan lokasi pabrik di Sikarang dan Karawang, fasilitas produksi terus berkembang untuk menunjang kebutuhan industri otomotif.
Deniro Adriansya, Asst. Di Departemen Body Cikarang PT SIM, “Kemco Harapan Nusantara telah lama menjadi mitra strategis Suzuki. Kami terus berinovasi dan meningkatkan kapasitas produksi untuk mendukung kebutuhan industri otomotif.”
Untuk memastikan produk berkualitas tinggi, PT Chemco Harapan Nusantara memiliki standar pemeriksaan produk yang ketat mulai dari penerimaan bahan hingga pengiriman produk akhir. Proses ini meliputi pemeriksaan dokumen, jenis bahan, kondisi bundel, peleburan, degassing, pengecoran, perlakuan panas, permesinan, keseimbangan otomatis, uji kebocoran, pemeriksaan abrasif, pengecatan dan pengemasan.