Telkom Hadirkan Platform OCA untuk Bantu Perusahaan Implementasikan Strategi CRM
thedesignweb.co.id, Jakarta Melalui PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, Leap Telkom menawarkan platform multi-channel bernama Omni Communication Assistant (OCA) untuk membantu bisnis di Indonesia menerapkan strategi Customer Relationship Management (CRM).
Platform ini dapat melacak interaksi pelanggan dan mengumpulkan data dan informasi yang relevan. OCA juga dapat memantau interaksi antara perusahaan dan pelanggan melalui panggilan suara, pesan teks, atau panggilan video. Informasi ini dapat digunakan secara langsung untuk memahami keinginan dan kebutuhan pelanggan, sehingga perusahaan dapat memberikan layanan yang personal dan relevan.
EVP Digital and Business Telkom Komang Budi Aryasa mengatakan Telkom berkomitmen membantu perusahaan memahami kebutuhan pelanggan.
“Melalui OCA, Telkom mencoba membantu perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk lebih memahami pelanggannya berdasarkan kebutuhannya. Kedekatan yang personal dan relevan membantu perusahaan mempertahankan pelanggan lama dan menarik pelanggan baru.” Dengan menggunakan OCA, strategi CRM yang diterapkan perusahaan dapat lebih optimal. kata Buddha Aryasa.
Budi menjelaskan OCA juga dapat mengintegrasikan data pelanggan ke dalam sistem CRM perusahaan untuk melakukan analisis lanjutan dengan menganalisis pola interaksi pelanggan dan data lainnya. Analisis ini juga memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang perilaku pelanggan dan meningkatkan strategi layanan.
Bukan hanya itu manfaat OCA, Budi mengatakan OCA juga memudahkan dalam menjadwalkan pertemuan atau tugas dengan klien. Dengan berintegrasi dengan sistem CRM, perusahaan dapat secara otomatis menyinkronkan jadwal rapat dengan informasi kontak pelanggan dan mengirimkan pengingat sebelum rapat.
OCA juga dapat digunakan sebagai saluran komunikasi untuk menangani keluhan dan pertanyaan pelanggan. Melalui pesan instan atau panggilan suara, pelanggan dapat dengan mudah menghubungi perusahaan untuk menyampaikan kekhawatiran atau pertanyaan mereka. Sistem CRM juga dapat digunakan untuk menanggapi keluhan tersebut dengan benar dan efisien.
PT IPC Terminal Petikemas (IPC TPK) telah merasakan manfaat yang diberikan oleh OCA sebagai operator terminal yang menyediakan layanan peti kemas dengan sistem jaringan terintegrasi antar pelabuhan. Dengan menggunakan platform OCA, IPC TPK mampu menciptakan sistem komunikasi yang dapat menyelesaikan keluhan pelanggan dengan lebih cepat, termasuk sistem pelaporan yang memudahkan tim layanan pelanggan perusahaan dalam menganalisis tren keluhan yang dialami pelanggan.
Saat ini IPC TPK terbukti mampu menangani keluhan dan pertanyaan pelanggan 233% lebih banyak dalam sehari dibandingkan sebelumnya.
OCA juga dapat memberikan layanan yang lebih personal kepada pelanggan, misalnya dapat digunakan untuk memberikan informasi tentang preferensi pelanggan atau riwayat pembelian, untuk mengadaptasi pesan atau penawaran produk.
Tak hanya OCA, Leap Telkom Digital juga mencakup berbagai produk dan layanan digital Telkom yang dapat dilihat di https://leap.digitalbisa.id/our-product.
(*)