Telkom Hadirkan Solusi CRM Terjangkau untuk Dorong UMKM Go Digital
thedesignweb.co.id, Jakarta PT Telkom Indonesia (Telkom) berkomitmen mendorong transformasi digital usaha mikro, kecil, dan menengah (UKM) di Indonesia.
Kali ini, perusahaan telekomunikasi milik negara tersebut meluncurkan OCA Interaction Lite, solusi manajemen hubungan pelanggan (CRM) terjangkau yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan UKM.
EVP Digital Business and Technology Telkom, Komang Budi Aryasa mengatakan OCA Interaction Lite hadir untuk menjawab tantangan UKM dalam mengelola hubungan pelanggan di era digital.
“Dengan OCA Interaction Lite, UKM dapat meningkatkan efisiensi operasional, memperkuat hubungan pelanggan dan pada akhirnya mendorong pertumbuhan bisnis,” kata Komang dalam keterangan resminya, Selasa (29/10/2024).
Dengan solusi CRM yang fleksibel dan mudah beradaptasi, perusahaan memastikan perusahaan dapat memanfaatkan teknologi digital secara maksimal untuk memperluas pasar dan meningkatkan daya saing.
“Memiliki fitur-fitur yang disesuaikan secara khusus dengan kebutuhan bisnis, perangkat ini diyakini dapat memaksimalkan kinerja dengan tetap mengutamakan keandalan dan tanpa mengorbankan keamanan,” kata Komang.
Salah satu kelebihan OCA Interaction Lite adalah fleksibilitasnya. Platform ini memungkinkan UKM untuk menyesuaikan fitur yang tersedia sesuai dengan kebutuhan spesifik bisnis mereka.
Mulai dari integrasi media sosial, pengelolaan data pelanggan hingga analisis penjualan – semuanya dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
“Kami memahami bahwa setiap UKM memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Oleh karena itu, OCA Interaction Lite dirancang sebagai solusi yang sangat customized,” jelas Komang.
Penggunaan CRM seperti OCA Interaction Lite menawarkan banyak manfaat bagi UKM, antara lain: Peningkatan efisiensi: Mengotomatiskan berbagai proses bisnis, seperti mengelola kontak, melacak penjualan, dan mengirim email pemasaran. Memperkuat hubungan pelanggan: lebih memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan sehingga Anda dapat memberikan layanan yang lebih personal. Tingkatkan penjualan: Identifikasi peluang penjualan baru dan tindak lanjuti secara efektif. Buat keputusan yang lebih baik: Kumpulkan data pelanggan yang berharga dan analisis untuk mendapatkan wawasan yang berguna dalam mengambil keputusan bisnis.