DESIGN WEB Telkomsel Kembangkan Ekosistem Kendaraan Listrik Bareng Mobil Anak Bangsa
thedesignweb.co.id, Jakarta – Telkomsel dan PT Mobil Anak Bangsa Indonesia (MAB) meluncurkan ekosistem kendaraan listrik yang terintegrasi dan ramah lingkungan, yaitu EV.
Kolaborasi ini merupakan upaya mendukung agenda pemerintah untuk mencapai netralitas karbon pada tahun 2060 dan mendorong penggunaan energi terbarukan di sektor transportasi.
Kemitraan ini menggabungkan solusi teknologi seluler Telkomsel dengan kekuatan MAB dalam menyediakan kendaraan listrik dan infrastruktur pendukungnya.
Dalam kemitraan ini, Telkomsel menyediakan solusi komunikasi, layanan, dan teknologi seperti Internet of Things dan broadband untuk meningkatkan efisiensi operasional.
Telkomsel juga akan mendukung penerapan teknologi mobilitas ramah lingkungan di berbagai sektor industri, mulai dari pertanian, pertambangan, manufaktur, hingga otomotif.
VP Regional Account Management Telkomsel Nyoman Adiyasa mengatakan kerja sama Telkomsel dengan MAB dapat mempercepat pengembangan ekosistem transportasi listrik ramah lingkungan.
“Dengan menggunakan teknologi seluler terkini, termasuk jaringan broadband, komunikasi kendaraan, manajemen operasi armada, dan pemantauan energi, kami bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas secara keseluruhan,” katanya.
Selain itu, menurutnya, perseroan akan memperluas kerja sama dengan MAB untuk menyediakan solusi digital canggih lainnya guna mempercepat pengembangan kendaraan listrik.
Misalnya saja solusi konektivitas termasuk telematika dan hiburan, pemantauan status kendaraan, dan stasiun pengisian daya langsung dari dashboard.
“Kami percaya bahwa setiap tantangan memerlukan solusi untuk menciptakan pengalaman berkendara yang lebih nyaman, terhubung, dan berkualitas,” ujarnya.
Sementara itu, Ketua Umum PT Mobil Anak Bangsa Indonesia, Presiden Kelik Irwantono, mengatakan kemitraan ini merupakan langkah percepatan transisi industri otomotif Indonesia menuju energi bersih dan berkelanjutan.
“Dengan dukungan solusi digital dari Telkomsel, MAB yakin dapat menyediakan kendaraan listrik kelas satu yang tidak hanya mengurangi emisi karbon, tetapi juga mendukung pembangunan perekonomian nasional,” ujarnya.
Telkomsel sendiri kini menguasai 56 persen pasar Indonesia. Perusahaan fokus menyediakan koneksi broadband terluas di Indonesia yang menjangkau lebih dari 97 persen populasi.
Di bawah payung Telkom Group, Telkomsel fokus memberikan layanan di segmen bisnis (B2B). Melalui divisi Telkomsel Enterprise, Telkomsel mendukung ratusan ribu kendaraan listrik yang tersebar di seluruh Indonesia dengan solusi teknologi seluler terkini.