Transformasi Digital Bantu Pelaku Bisnis Kuliner Raup Omzet Puluhan Juta
thedesignweb.co.id, Jakarta – Bisnis F&B (makanan dan minuman) merupakan bisnis yang hambatannya relatif rendah. Namun, hal ini tidak berlaku untuk semua orang, sama seperti Katrina Laura Miesel.
Pasalnya, menurut Laura, F&B memiliki banyak komponen dan variabel dalam pengelolaan bisnis yang harus dikelola dengan baik. Bahkan untuk toko kuliner, volumenya cukup besar.
Meski begitu, Laura mengakui bisnisnya menghadapi persaingan yang ketat. Hal ini berkat dukungan ekosistem solusi digital dunia bisnis Indibiz yang memiliki sejumlah fitur menarik.
Laura sendiri kini memiliki toko Harbour’s di mal Jakarta Pusat. Dengan menggunakan layanan Indibiz Telkom Indonesia, Harbour mampu menjual 150 cangkir kopi dan es krim secara stabil setiap harinya.
Padahal, perusahaan ini baru beroperasi selama empat bulan. Meski demikian, pendapatan perseroan diketahui stabil di atas Rp 40 juta.
Selain itu, Laura juga dapat dengan mudah mengelola operasional bisnis secara efisien berkat solusi dari Indibiz. Dimulai dengan pengelolaan inventaris, pengelolaan keuangan, dan diakhiri dengan solusi pelaksanaan kegiatan pemasaran yang efektif.
Hal ini semakin memudahkan karena Laura sebelumnya harus mencatat data secara manual baik aliran dana masuk maupun keluar, strategi pemasaran, dan pengelolaan bahan baku.
Mode ini memerlukan waktu yang lama dan tidak menjamin keakuratan rekaman. Faktanya, hal itu dapat menimbulkan pengeluaran bisnis yang tidak perlu.
“Solusi digital Indibiz juga membantu saya menjalankan program pemasaran,” kata Laura dalam siaran pers yang diterima, Kamis (10/10/2024).
Jadi ketika penjualan turun, kata Laura, dia bisa mendapatkan peringatan instan tentang tips bisnis untuk menjual produk. Hal ini dapat dilakukan melalui kampanye diskon atau paket.
Tips Laura merupakan hasil penelitian machine learning di ekosistem Indibiz. Selain retailer, solusi Indibiz juga memberikan kemudahan kepada pelanggan.
Kemudahan tersebut antara lain menawarkan berbagai pilihan pembayaran nontunai seperti QRIS, kartu debit dan kredit, dompet digital, dan lain sebagainya. Tim support Indibiz juga menjamin respon cepat terhadap masalah yang dihadapi pengguna.
“Salah satu kelebihan Indibiz yang saya apresiasi adalah layanan supportnya, kalaupun ada masalah teknis yang serius, langsung datang di hari saya lapor,” kata Laura.
OVP Enterprise Regional Management Telkom Reni Yustiani mengatakan salah satu misi terpenting Indibiz adalah membantu wirausaha seperti Harbour.
Ia mengatakan Indibiz hadir untuk mendukung wirausaha Indonesia berkembang melalui digitalisasi.
“Digitalisasi menciptakan presisi yang optimal sejalan dengan kebutuhan sektor F&B yang mengutamakan efisiensi,” kata Reni.
Reni berharap kisah Pelabuhan dengan pemiliknya dapat menginspirasi para pedagang lain di tanah air. Selain itu, Indibiz juga memiliki ekosistem layanan yang terdiri dari berbagai segmentasi sektor usaha yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
“Semua sektor telah kami sesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi untuk membantu para pedagang mengembangkan usahanya,” kata Reni menutup keterangannya.