Transformasi Keterlibatan Pelanggan dengan AI dan Strategi Lintas Kanal dari CleverTap
thedesignweb.co.id, Jakarta – Dunia usaha membutuhkan solusi komprehensif untuk berinteraksi secara efektif dengan pelanggannya dan mendorong pertumbuhan.
CleverTap, sebuah platform keterlibatan pelanggan lengkap, menawarkan serangkaian alat dan solusi yang dirancang untuk menyatukan interaksi lintas saluran, meningkatkan pengalaman real-time, dan memberikan wawasan yang dapat ditindaklanjuti untuk bisnis.
CleverTap juga menggunakan Kecerdasan Buatan (AI), menyediakan fitur-fitur yang didukung oleh Model Bahasa Tingkat Lanjut.
Dalam wawancara dengan Tekno thedesignweb.co.id, Marc-Antoine Hager, Regional Head – SEA, CleverTap membahas solusi utama CleverTap, termasuk peran mereka di pasar Indonesia dan bagaimana mereka menerapkan AI dalam layanan mereka untuk memungkinkan pemberdayaan platform.
Marc mengatakan keunggulan utama CleverTap adalah kemampuannya menciptakan pengalaman lintas saluran yang terintegrasi, sehingga mengoptimalkan interaksi pelanggan secara real-time.
Dalam konteks Pemasaran, solusi yang mereka tawarkan antara lain Akuisisi Pelanggan dan Retensi Pelanggan.
Di Indonesia, kata Marc, ada dua fitur yang paling populer di kalangan pelanggannya, yakni Push Notifikasi dan Segmentasi Pelanggan.
“Salah satu fitur CleverTap yang paling populer adalah notifikasi push. Solusi ini diadopsi secara luas karena jangkauannya yang kuat dan integrasi yang lancar. Pelanggan dapat mengirimkan notifikasi real-time yang secara efektif melibatkan pengguna dan mendorong tingkat interaksi yang lebih tinggi,” kata Marc.
Untuk Segmentasi Pelanggan, CleverTap menganalisis berbagai titik data seperti demografi, riwayat perilaku, dan aktivitas pengguna.
Segmentasi yang mendetail ini, menurut Marc, memungkinkan klien mereka untuk menyesuaikan strategi komunikasi dan keterlibatan mereka, sehingga tujuan kampanye klien lebih mungkin tercapai karena kesesuaian segmentasi.
Kitabisa, platform berlangganan terbesar di Indonesia, merupakan salah satu klien yang merasakan dampak positif penggunaan CleverTap dalam kampanye mereka.
Mereka telah memanfaatkan CleverTap untuk mendorong peningkatan signifikan dalam metrik keterlibatan pengguna dan donasi.
Sebelum menggunakan CleverTap, Kitabisa menghadapi tantangan dalam segmentasi dan keterlibatan. Basis donor yang berbeda memiliki tujuan yang berbeda, sehingga membuat upaya komunikasi dan retensi yang ditargetkan menjadi lebih kompleks dalam kampanye pemasaran mereka.
Oleh karena itu, Kitabisa memerlukan solusi otomatis untuk memfasilitasi segmentasi, mengotomatiskan pesan rutin, dan menciptakan alur yang dipersonalisasi, terutama pada periode tertentu seperti Ramadhan.
Pendekatan ini dilaporkan menghasilkan peningkatan rata-rata donasi per pengguna sebesar 33 persen dan peningkatan rasio klik-tayang sebesar 10 persen untuk iklan dalam aplikasi dan iklan push.
Selain itu, loyalitas pengguna dikatakan meningkat sebesar 5 persen, menunjukkan keterlibatan harian yang lebih kuat.
Di tengah perkembangan Artificial Intelligence (AI), CleverTap juga merangkul AI dengan menyediakan fitur-fitur yang didukung Model Bahasa Utama yang canggih.
“Kami mengintegrasikan API dari OpenAI untuk model GPT yang kami sempurnakan khusus untuk kebutuhan CleverTap dan salah satunya adalah fitur kami yang disebut Scribe,” kata Marc.
Scribe pada dasarnya adalah asisten menulis bertenaga AI pertama dan satu-satunya yang dapat menganalisis dan menyesuaikan nada emosional konten.
Di Scribe, kata Marc, pelanggan dapat menggunakan sejumlah perintah teks untuk secara otomatis menghasilkan pesan yang menarik dan relevan secara emosional.
“Scribe membantu pelanggan dengan mudah membuat pesan yang memiliki daya tarik emosional. Scribe juga menggunakan emoji dan hashtag untuk membuat pesan menarik yang membantu pelanggan mendorong keterlibatan,” kata Marc.