WhatsApp Business Makin Canggih, Ada Fitur Baru Bikin Bisnis Makin Laris
Liputan6.com, Jakarta – WhatsApp baru-baru ini mengadakan WhatsApp Business Summit yang kedua di Indonesia. Acara ini diyakini akan mengukuhkan posisi Indonesia sebagai pemimpin sistem pesan bisnis di dunia.
Acara ini dihadiri oleh UKM, perusahaan besar dan produsen. Dalam WhatsApp Business Summit ini, WhatsApp menyoroti pentingnya pesan dalam mendorong pertumbuhan bisnis di era digital.
Mengingat 87 persen konsumen Indonesia memilih pesan sebagai sarana utama mereka berkomunikasi dengan pelaku bisnis, maka penting bagi para pelaku bisnis untuk menggunakan pesan untuk terhubung dengan konsumen saat ini, ujarnya . . Minggu (25.08.2024).
Sejalan dengan pertumbuhan tersebut, WhatsApp terus memperbarui fitur-fitur baru untuk pengguna bisnis.
Fitur baru ini dirancang untuk membantu bisnis membangun kehadiran online yang kuat, meningkatkan kepercayaan pelanggan, dan meningkatkan efektivitas layanan pelanggan.
Kali ini ada tiga fitur baru yang diperkenalkan untuk pengguna WhatsApp Business. Untuk mengetahui apa saja fitur-fitur baru tersebut, simak selengkapnya di bawah ini. Verifikasi Meta
Fitur ini memungkinkan bisnis memverifikasi akun mereka dan menerima lencana terverifikasi. Hal ini memungkinkan pelanggan untuk mengenali akun bisnis resmi.
Verifikasi ini kini tersedia melalui aplikasi WhatsApp Business untuk UKM yang memenuhi syarat. Bisnis yang mendapatkan Meta Terverifikasi akan mendapatkan dukungan akun yang ditingkatkan serta akses ke lebih banyak sumber daya untuk karyawannya.
Panggilan untuk Mengobrol
Seperti namanya, fitur ini memungkinkan pelanggan melakukan panggilan WhatsApp langsung ke bisnis. Namun fitur ini masih dalam tahap pengujian.
Didukung oleh platform WhatsApp Business, aplikasi ini akan memungkinkan konsumen terhubung dengan bisnis dengan cepat dan mudah. Fitur ini diharapkan dapat menjangkau lebih banyak perusahaan dalam waktu dekat. Meta AI untuk Bisnis WhatsApp
Fitur berbasis AI ini akan membantu bisnis meningkatkan layanan pelanggan dan mengotomatiskan periklanan.
Saat ini, fitur ini masih dalam tahap awal dan WhatsApp akan menyempurnakannya sebelum meluncurkannya ke lebih banyak bisnis.
Sekadar informasi, WhatsApp juga menjadi tuan rumah WhatsApp Business Summit di Indonesia. Acara ini juga semakin memperkuat posisi terdepan Indonesia dalam komunikasi bisnis global.
Pada acara tersebut, Met Country Director untuk Indonesia Peter Lidian mengatakan bahwa penyampaian pesan telah menjadi bagian penting dalam kehidupan orang Indonesia.
Dia mengatakan sekitar 90 persen pengguna internet dewasa di Indonesia mengirim pesan ke bisnis setidaknya sekali seminggu. Angka ini berada di atas rata-rata dunia yang sebesar 79,4 persen.
“Mengingat 87% konsumen Indonesia memilih pesan sebagai sarana utama berkomunikasi dengan pelaku bisnis, maka penting bagi para pelaku bisnis untuk menggunakan pesan untuk terhubung dengan konsumen masa kini,” kata Peters dalam keterangan resmi, Sabtu (24/8). /2024).
Meta juga bermitra dengan Boston Consulting Group untuk melakukan penelitian tentang pentingnya penyampaian pesan dalam bisnis di Indonesia. Survei ini diikuti oleh 400 perusahaan dan 30 wawancara mendalam dengan perusahaan dari berbagai industri.
Hasilnya, lebih dari 90 persen pengusaha Indonesia sudah menggunakan layanan ini. Dikatakan bahwa banyak pebisnis telah menyematkan pesan di semua aspek bisnisnya, mulai dari pra-penjualan hingga layanan pelanggan.
Studi-studi tersebut menunjukkan bahwa pesan tidak hanya menjadi alat komunikasi, namun juga merupakan saluran penting bagi para pebisnis untuk membangun hubungan dekat dengan pelanggan.