Teknologi

XL Operasikan 12 BTS Mobile di IKN untuk Perkuat Jaringan Jelang Upacara HUT RI ke-79

thedesignweb.co.id, JAKARTA – Pemerintah berencana menggelar upacara di ibu kota nusantara dalam rangka memperingati 79 tahun kemerdekaan Indonesia. Untuk mempersiapkan kehadiran masyarakat yang besar di wilayah IKN Kalimantan Timur, perusahaan telekomunikasi XL Axiata mengembangkan dan memperkuat infrastruktur jaringan di wilayah tersebut.

Upaya ini juga sebagai respons terhadap pertumbuhan trafik layanan di wilayah XL Axiata Kalimantan yang kini mencapai 300 persen dalam setahun terakhir.

XL Aziata, Direktur dan Chief Technology Officer, mengatakan meningkatnya perkembangan di sektor IKN menciptakan kebutuhan akan jaringan telekomunikasi yang aman.

“Traffic layanan XL Axiata dalam setahun terakhir meningkat signifikan hingga lebih dari 300 persen. Oleh karena itu, kami fokus pada peningkatan kualitas jaringan di kawasan pusat IKN atau di lokasi strategis seperti infrastruktur jalan raya. , bandara, rumah sakit, dan fasilitas pendukung lainnya,” kata Gede, demikian siaran pers XL Axiata, Jumat (9/8/2024).

Dalam rangka HUT RI ke-79 yang akan diselenggarakan di IKN pada 17 Agustus mendatang, XL memperkenalkan tiga unit Mobile BTS (MBTS) di sekitar lokasi tersebut.

Hal ini juga dilakukan demi kelancaran hubungan selama program berlangsung dengan para pejabat IKN.

Saat ini XL Axiata mengelola 12 BTS di kawasan Ring 1 IKN Nusantara, termasuk fasilitas Swissotel Nusantara.

Kedepannya, XL Axiata berkomitmen untuk terus meningkatkan kapasitas dan infrastruktur di IKN seiring dengan pertumbuhan populasi dan lapangan kerja di wilayah tersebut.

“Kami bekerja sama dengan otoritas IKN untuk memastikan jaringan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan baik dalam komunikasi maupun kebutuhan lainnya,” kata I Gede Darmayusa.

Di kawasan penyangga IKN yang meliputi wilayah Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara, XL Axiata telah merencanakan sekitar 500 BTS yang sebagian besar merupakan BTS 4G. Di kawasan inti IKN, telah didirikan lebih dari 150 BTS dan mencakup empat kabupaten besar. Jaringan serat optik

Selain mengembangkan jaringan seluler, XL Axiata juga memperkuat jaringan fiber optic yang siap mendukung layanan telekomunikasi dan Internet berkecepatan tinggi di IKN.

Proyek penting lainnya adalah pengoperasian SKKL Batam-Sarawak yang menghubungkan Malaysia dan Indonesia yang sudah dimulai pada Juni 2022.

Infrastruktur ini dirancang untuk meningkatkan kualitas dan kecepatan koneksi internet khususnya untuk wilayah Batam, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

Untuk Kota Balikpapan, XL Axiata memiliki lebih dari 570 BTS dan sebagian besar BTS 4G, sedangkan Kota Samarinda memiliki sekitar 600 BTS dan sebagian besar BTS 4G.

Sedangkan jaringan fiber optik XL Axiata ditujukan untuk membantu pemerintah dalam meluncurkan layanan telekomunikasi dan internet berkecepatan tinggi di IKN.

XL Axiata juga mengoperasikan SKKL Batam – Sarawak yang menghubungkan Malaysia – Indonesia melalui Entikong – Pontianak dengan jarak 120 km.

Infrastruktur ini akan memperkuat koneksi internet antara Batam, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi dengan pengoperasian dan stabilitas yang lebih cepat dan lebih baik. Infrastruktur ini telah beroperasi sejak 1 Juni 2022.

Jaringan kabel optik ini juga merupakan pintu gerbang internasional baru ke Kuching, Sarawak, dan Hong Kong di Indonesia, serta meningkatkan keragaman konektivitas ke banyak POP/HUB di Asia.

 

XL Axiata memandang infrastruktur ini penting untuk menyediakan jaringan mutakhir agar mampu menghadapi pertumbuhan trafik di masa depan dan memberikan layanan prima kepada pelanggan.

Selain fokus pada networking, XL Axiata memastikan layanan pelanggan di IKN mudah diakses.

Pelanggan dapat menggunakan XL Center online dan layanan digital lainnya kapan saja untuk mendapatkan bantuan melalui toko fisik di Balikpapan dan Samarinda. Di wilayah IKN dan sekitar, terdapat ratusan mitra ritel yang siap memenuhi kebutuhan pelanggan.

XL Axiata juga telah menyiapkan tim khusus untuk menangani layanan dan pengaduan pelanggan melalui call center dan Digital Care Maya yang tersedia di aplikasi myXL dan AXISnet serta saluran digital lainnya seperti email dan media sosial.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *